• Minggu, 22 Mei 2022

Menjadi Irup Hari Amal Bhakti Kementerian Agama, Herman Deru Katakan Toleransi Agama di Sumsel Peran Kemenag

- Senin, 3 Januari 2022 | 18:47 WIB
Herman Deru Irup Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (humas pemprov Sumsel)
Herman Deru Irup Hari Amal Bhakti Kementerian Agama (humas pemprov Sumsel)

Sumsel24.Com - Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-76 tingkat Provinsi Sumsel dipusatkan di Griya Agung, Palembang, Senin 3 Januari 2022. Bertindak sebagai Inspektur upacara (irup) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru yang membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Diikuti oleh pegawai dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumsel, sambutan Menteri Agama yang dibacakan Hermn Deru dikatakan, semenjak dibentuk pada 3 Januari 1946 silamn hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua. 

"Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” terang Herman Deru.

Baca Juga: Pria Berparang Tewaskan 5 Warga di Sumsel Jadi Tersangka, Dijerat Pasal Berlapis!

Herman Deru menyebut dari waktu-ke waktu terjadi peningkatan indeks kesalehan umat beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Selain itu indeks kerukunan umat beragama juga meningkat semula pada tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

“Indeks Kepuasan Layanan KUA juga meningkat dari 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya," lanjutnya.

Gubernur sumsel juga menyampaikan, Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi.

Baca Juga: Banyaknya Korban Kekerasan Seksual, Susi Pudjiastuti Minta Seharusnya Segera UU kekerasan seksual Diundangkan

"Hebatnya lagi dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya. Terbukti Kementerian Agama kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016," pujinya.

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X