• Sabtu, 21 Mei 2022

Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel Cari Solusi Transportasi Umum di Palembang

- Kamis, 6 Januari 2022 | 20:37 WIB
Rapat Antara Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel  (Humas Pemprov Sumsel)
Rapat Antara Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel (Humas Pemprov Sumsel)

Sumsel24.Com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mencari solusi agar masyarakat gemar menggunakan transportasi umum. Hal itu terungkap dalam rapat yang dilaksanakan di Griya Agung Palembang, Kamis, 6 Januri 2022. 

Menurut Herman Deru menumbuhkan keinginan masyarakat menggunakan transportasi umum tidaklah mudah. Menurutnya masyarakat sekarang sudah nyaman menggunakan transportasi pribadi ataupun online.

"Saya pernah mengeluarkan surat edaran agar PNS menggunakan angkutan umum ke kantor dan telah tercapai 40 persen. Namun kebijakan tersebut tertunda dikarenakan Pandemi Covid-19 yang mengharuskan menjaga jarak sehingga sampai saat ini masyarakat kembali menggunakan kendaraan pribad," ungkap Herman Deru.

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Kawasan, Herman Deru Bersama Enam Gubernur Sumatera Lainnya Tandatangani MoU

Dalam rapat tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Kota Palembang merupakan kota yang mempunyai angkutan terlengkap di Indonesia, baik darat maupun laut.

"Kita diharuskan untuk melakukan sebuah reformasi untuk melakukan upaya agar masyarakat menggunakan transportasi umum seperti LRT, bis dan lain - lain secara maksimal agar Kota Palembang terbebas dari polusi udara dan macet," katanya.

Adapun rencana yang disampaikan pada rapat ialah Menentukan LRT sebagai angkutan utama dan angkutan umum sebagai feeder, Memperbanyak Kantong Parkir, Membuat rute baru bagi angkutan umum yang terintegrasi dengan LRT dan Mendorong ASN, Pelajar dan Mahasiswa untuk menggunakan Transportasi Umum serta memberikan subsidi kepada pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga: Dua Napi Narkoba Kabur, Pengawasan Kemenkumham Sumsel Dinilai Lemah-Bobrok

Untuk memacu Gerakan Naik Angkutan Umum di Kota Palembang, HD dan Menhub RI menyerahkan 5.000 E-Money Ticket LRT Sumsel secara simbolis kepada Pelajar, Mahasiswa dan ASN. Turut hadir dalam rapat Dirjen Perhubungan Darat, Drs. Budi Setyadi, SH, M.Si, Dirjen Perhubungan Perkeretaapian, Ir. Zulfikri, M.Sc, DEA, Walikota Palembang Harnojoyo, Direktur Kepelabuhan, lr. Subagyo, M.T dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.***

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X