• Senin, 24 Januari 2022

Peringati Milad ke-69 PDHI Sumsel Gelar Bakti Sosial

- Minggu, 9 Januari 2022 | 15:12 WIB
KetuaPDHI Sumsel Jafrizal (Erwan B)
KetuaPDHI Sumsel Jafrizal (Erwan B)

Sumsel24.com –  Peringati miladnya yang ke-69 tahun, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumatera Selatan (PDHI Sumsel) melakukan bakti sosial, memberikan pelayanan vaksinasi rabies, sterilisasi hewan dan pemberian obat cacing pada hewan peliharaan, hal itu disampaikan oleh Ketua PDHI Sumsel Dr. Drh Jafrizal, MM,  di Rumah Sakit Hewan Provinsi Sumsel, Jalan Peternakan No1 Palembang, Minggu 9 Januari 2022.

Jafrizal juga mengatakan bahwa secara resmi dibentuknya PHDI setelah kemerdekaan , yakni pada tahun 1954 di Lembang Bandung. Namun Cikal bakalnya terbentuk nya perhimpunan dokter hewan oleh dokter hewan dari Belanda pada masa kolonial tahun 1884.

“Tahun ini kita memperingati HUT PDHI ke-69 tahun, diusia yang sudah cukup dewasa saat ini memiliki 52 cabang di seluruh Indonesia. Namun kami mengakui organisasi ini, fungsi pelayanan hewan belum maksimal,” ungkapnya.

Baca Juga: Terus Bertambah kasus Varian Omicron di Indonesia Kini 318 orang

Lanjut nya, sudah menjadi tugas dari dokter hewan untuk melakukan pengawan terhadap penyakit hewan. Tetapi tidak hanya pengawasan penyakit hewan saja yang menjadi tugas dokter hewan, juga produk hasil dari ternak juga perlu ada pengawasannya dan sertifikasi.

“Awalnya pelayanan kepada hewan ternak saja, karena untuk memenuhi kebutuhan akan pangan. Pada saat ini pelayanan hewan tidak hanya pada hewan ternak, juga pelayanan kepada hewan peliharaan ,” terang Jafrizal.

Pada peringatan HUT PDHI Sumsel memilih melakukan bakti sosial Vaksinasi, Sterilisasi dan pemberian obat cacing kepada hewan peliharaan sebagai langkah awal terpenuhinya Palembang khususnya dan Sumsel bebas penyakit rabies.

Baca Juga: Menteri Agama Tegaskan Penyelenggara Haji dan Umrah Untuk Mematuhi Kebijakan Satu Pintu

“Syarat daerah bebas rabies adalah adanya pendataan hewan,  jumlah hewan yang di vaksin, adanya pengendalian hewan liar dengan dibuatnya  peraturan daerah. Untuk pendataan kita sudah lauching aplikasinya, sekarang kita vaksin, sementara untuk pengendalian harus kolaborasi semua pihak,” tutupnya.***

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Herman Deru Bantu Satu Unit Mobil URC Untuk ADO Sumsel

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:55 WIB
X