• Minggu, 22 Mei 2022

Herman Deru Saat Menghadiri Syukuran ASPPEK, Ingin Pempek Mendunia dan Higienis Proses Pembuatannya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 14:55 WIB
Herman Deru Didampingi Pengusaha Pempek (ASPPEK) (Humas Pemprov Sumsel)
Herman Deru Didampingi Pengusaha Pempek (ASPPEK) (Humas Pemprov Sumsel)

Sumsel24.ComPempek adalah makanan khas Palembang yang sudah sangat terkenal. Banyak pengusaha di bidang kuliner yang satu ini, mereka menyatukan diri dalam satu organisasi yakni Asosisi Pengusaha Pempek (ASPPEK). Diusia ASPPEK yang ke-4 tahun para pengusaha pempek ini mengadakan syukuran dengan mengundang orang nomor satu di Sumsel, Herman Deru untuk memberikan masukkannya.

Herman Deru saat memberikan sambutannya di Hotel The Zuri Palembang, Kamis, 13 Januari 2022 mengatakan, kuliner pempek sudah terkenal, namun menurutnya belum mendunia. Maka ia meminta ASPPEK mencari tahu hambatan apa yang menyebabkan pempek bisa mendunia.

 “Menguniversalkan pempek merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendorong pempek menjadi mendunia, Seperti contohnya Siomay, Bakso, Cilok dan Cireng. Dimana makanan ini telah universal sehingga semua kalangan masyarakat dapat menikmatinya kapanpun dan dimanapun,” ungkap Herman Deru.

Baca Juga: Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud Ditangkap KPK Terkait Dugaan Suap Bersama 10 Orang Lainnya

Selain itu Gubernur Sumsel ini berpesan agar pengusaha pempek memastikan proses pembuatannya haruslah higienis.  Menurutnya, jika makanannya enak, dibuat dengan proses yang higienis maka dengan sendirinya pempek akan disukai dan memiliki nilai jual yang tinggi bagi penikmat kuliner baik lokal maupun internasional.

"Sekali orang trauma melihat proses pembuatannya tidak higienis maka nama pempek yang akan terganggu dan ini akan membuat orang tidak mau lagi mengkonsumsi pempek. Saya harap Dinas Kesehatan dan terkait untuk dapat membantu ASPPEK dalam memastikan kehigienisan proses pembuatan pempek,” harapnya..

Pada kegiatan yang sama, Ketua ASPPEK Palembang, Yeni Anggraini menyampaikan bahwa ASPPEK tentunya akan terus berkomitmen dan terus mengembangkan eksistensi pempek, serta berusaha menjadikan pempek sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. ***

 

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X