• Selasa, 17 Mei 2022

Bayi Kembar Siam 2 Kepala 1 Tubuh yang Lahir di Palembang Wafat

- Minggu, 16 Januari 2022 | 12:44 WIB
Proses persalinan bayi kembar siam di RSMH Palembang. (Dok. Ist)
Proses persalinan bayi kembar siam di RSMH Palembang. (Dok. Ist)

Sumsel24.com - Lahir dengan operasi caesar bayi kembar siam dengan satu badan dua kepala, buah hati pasangan suami isteri, ER (26) dan AK (25), lahir di RSMH Palembang. Malangnya, bayi itu pun meninggal dunia diduga ada kelainan di paru-paru dan jantung.

"Iya, bayi tersebut sudah meninggal dunia. Menurut Dr. Indrayadi, penyebab meninggalnya diduga karena kondisi paru yang tidak normal dan adanya kelainan jantung bawaan, yang biasanya hampir selalu terdapat pada bayi kembar siam," kata Humas RSMH Palembang, Akhmad Suhaimi dikonfirmasi Sumsel24.com, Minggu 16 Januari 2022.

Dia menerangkan, bayi itu lahir di ruang operasi sentral RSMH Palembang dengan operasi caesar, Jumat (14/1/2022) pukul 08.20 WIB. Bayi tersebut, katanya, lahir dengan 2 kepala dengan 1 tubuh, langsung dibawa ke ruang perawatan intensif bayi baru lahir.

Baca Juga: Bayi Dua Kepala Satu Tubuh Lahir di Palembang, Ibu Sehat-Anak Stabil

"Berat lahir 3600 gram, panjang badan 44 cm, lingkar kepala kedua bayi 33 cm, namun keadaanya semakin memburuk dan akhirnya meninggal pada pukul 11.20 WIB, di hari yang sama," terang Akhmad.

Sementara, Dokter Indrayadi menyebut, saat berada di ruang intensif bayi tersebut kembali tidak bernapas, kemudian dilakukan pemasangan selang bantu napas ke kedua kepala bayi dan dihubungkan ke mesin bantu napas.

"Ketika diberi bantuan napas di kepala kanan, tampak hanya dinding dada kanan yang bergerak dan suara napas hanya terdengar di sebelah kanan. Ketika diberi bantuan napas untuk kepala kiri, hanya dinding dada kiri yang bergerak dan suara napas hanya terdengar di dada kiri. Sehingga dicurigai satu kepala terhubung ke satu paru," imbuhnya.

Baca Juga: Tips Bibir Merah Seperti Bayi

Setelah pihaknya melakukan foto rontgen, sambungnya, tampak 2 tenggorokan, 2 paru, 1 jantung, 2 tulang belakang, 2 lambung, 1 tulang pinggul, 2 lengan dan 2 tungkai. Bayi belum sempat dilakukan pemeriksaan ekokardiografi.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harnojoyo Hadir di HUT Sumsel ke-76

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:01 WIB

Walikota Palembang Sambut Baik Kehadiran BP2RI

Selasa, 10 Mei 2022 | 22:11 WIB

Fitri Ingin Bazar Pasar Murah Lanjut

Selasa, 26 April 2022 | 14:22 WIB
X