• Selasa, 17 Mei 2022

Gubernur Sumsel, Herman Deru Dapat Apresiasi Dari BPK RI Karena Lampaui Capaian Nasional

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:59 WIB
Isma Yatun, Herman Deru, Hafisz Tohir (humas pemprov Sumsel)
Isma Yatun, Herman Deru, Hafisz Tohir (humas pemprov Sumsel)

Sumsel24.com - Lagi-lagi, kinerja Gubernur Sumsel H. Herman Deru memimpin Sumsel menuai apresiasi. Kali ini apresiasi tersebut datang dari Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, yang juga Pimpinan Pemeriksa Keuangan Negara IV,  Dr. Isma Yatun, CSFA., CFTA, dalam acara Sosialisasi  Optimalisasi Peran BPK dan DPR dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Negara, di Hotel Arista, Selasa  18 Januari 2022.

Isma mengakui kehebatan kepemimpinan Herman Deru sejak tiga tahun terakhir, karena mampu membuat capaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) BPK di Sumsel melampaui capaian standar di nasional sebesar 75 persen.

"Pak Gubernurnya hebat. Persentase hasil pemantauan TLRHP untuk keseluruhan entitas di lingkungan BPK Perwakilan Sumsel sangat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami memberikan patokan 75 persen  tindak lanjut rekomendasi di nasional sedangkan. Sumsel sudah 76 persen lebih," ungkap Isma Yatun.

Baca Juga: 6 Jukir Liar di Palembang Aniaya 2 Pemuda Pakai Batu hingga Nyaris Tewas, Jadi Tersangka

Atas capaian itu, Isma pun berharap strategi yang telah dilakukan Gubernur Sumsel H. Herman Deru serta jajarannya ini dapat terus ditingkatkan sehingga TLRHP ini dapat menjadi best practise bagi Pemda di daerah lain yang memiliki capaian yang masih rendah.

Selanjutnya Isma juga menghimbau agar Pemda dapat menuntaskan sejumlah rekomendasi BPK yang belum ditindaklanjuti agar pengelolaan keuangan negara berjalan sebagaimana mestinya. Iapun berharap melalui acara sosialisasi ini dapat berkontribusi meningkatkan capaian hasil pemantauan TLRHP.

Dikatakam Isma, dalam memudahkan mekanisme tindaklanjut hasil rekomendasi tersebut BPK juga telah melakukan berbagai langkah. Salah satunya dengan menyediakan aplikasi SIPTL yang dapat menghubungkan BPK dengan entitas dalam proses pemantauan tindak lanjut secara realtime.

Baca Juga: Gerindra Kritisi beberapa Frase dalam RUU TPKS

"Aplikasi ini sangat membantu sekali di masa pandemi karena masih bisa tetap menindaklanjuti tanpa harus tatap muka," tambahnya.

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X