• Selasa, 17 Mei 2022

Herman Deru : Memakmurkan Masjid Tidak Hanya Ibadah, Juga Kegiatan Kepentingan Umat Lainnya

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:00 WIB
Herman Deru Saat Safari Jum'at (humas pemprov Sumsel)
Herman Deru Saat Safari Jum'at (humas pemprov Sumsel)

Sumsel24.com – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, dalam safari Jum’atnya mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid.  Ajakan itu dikatakannya kepada masyarakat dan jamaah di Masjid Darul Ikhlas, Kelurahan Sentosa Palembang, Jum'at 21 Januari 2022.

Menurut Hrman Deru, memakmuran masjid tidak hanya urusan ibadah semata, juga dapat menjadi tempat pelatihan   atau kegiatan  kepentingan umat lainnya. Ia memberi contoh Salah satunya lanjut Herman Deru  perlu dilakukan pelatihan  bilal dan adzan, termasuk juga perlu digelar pelatihan penyelenggaraan jenazah.

"Saya dengar adzan yang berkumandang di masjid ini sangat merdu. Yang semacam itu harus dikembangkan. Bila perlu buat pelatihan adzan sehingga bisa memiliki generasi penerus. Termasuk juga pelatihan memandikan jenazah. Itu juga penting, memandikan jenazah itu tidak sembarangan. Memakmuran masjid merupakan tanggung jawab bersama," ungkapnya.

Baca Juga: Bantahan Kakanwil Napi Narkoba Lahat Kabur Sengaja Diizinkan Jenguk Anak Sakit

Menurut Herman Deru kegiatan safari Jum’at yang digelarnya merupakan   hal penting bagi seorang pemimpin dalam membangun daerah. Sebab itu, kebijakan yang diambil seorang pemimpin harus dapat berdampak langsung bagi masyarakat luas. Salah satunya melalui program Safari Jum'at. Selain untuk melakukan shalat Jum'at bersama umat muslim, langkah tersebut juga untuk menyerap langsung aspirasi dari daerah yang dikunjungi.

"Kebijakan itu tidak bisa dilakukan secara general karena setiap daerah itu berbeda-beda. Karena itu, agar kebijakan itu berdampak baik masyarakat, kita harus turun langsung ke lapangan," kata Herman Deru.

 Menurutnya, Safari Jum'at merupakan langkah yang cukup baik untuk memantau permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dari kegiatan ini Ia dapat memantau langsung ersoalan masyarakat, misalnya jalan rusak  atau lainnya sehingga dapat cepat diatasi.

Baca Juga: Tragis! Dibakar Suami Pakai Bensin Wanita Lansia di Musi Rawas Meninggal Dunia

Diketahui, pengembangan dan peningkatan masjid memang menjadi salah satu perhatian Gubernur Herman Deru. Dengan masjid yang nyaman, tentu akan membuat masyarakat semakin rajin beribadah.

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X