• Selasa, 17 Mei 2022

Kota Pagar Alam, Kota Pertama Terapkan Energi Hijau di Indonesia Mendapat Apresiasi Presiden Joko Widodo

- Senin, 24 Januari 2022 | 20:56 WIB
Presiden Joko Widodo (humas pemprov Sumsel)
Presiden Joko Widodo (humas pemprov Sumsel)

Sumsel24.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa dunia global semua menuju Energi Baru Terbarukan(EBT). Semua negara merencanakan untuk menuju energi hijau, baik itu energi matahari, hydropower, energi geothermal, energi arus laut, dan angin.

Jokowi merasa bangga di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Pagar Alam sudah memulai sebagai kota energi hijau, hal itu disampaiannya di Lapangan Merdeka Kota Pagar Alam,  Senin 24 Januri 2022.. 

“Indonesia memiliki potensi yang besar dalam hitungan yang belum final tercatat 418 MW yang dimiliki Indonesia. Mulai dari  tenaga air, panas bumi, arus bawah laut, panas permukaan bawah laut, angin, maupun tenaga surya semua kita miliki,” ungkap Jokowi.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Perintah Pecat Prajurit TNI Terlibat Kekerasan dengan Senjata

Ia menambahkan, pemerintah provinsi Sumsel dan Kota Pagar Alam sudah berusaha menerapkan energi terbarukan. Kota Pagar Alam memulainya dengan menggunakan listrik dengan tenaga mikrohydro.

"Seratus persen  bagus sekali, tinggal menindaklanjuti seterusnya ini akan menjadi kota zero emision yang pertama kalau ditindak lanjuti, dan Pagaralam akan menjadi kota yang pertama di Indonesia yang menggunakan energi hijau,”  cetusnya. 

Jokowi juga memerintahkan Menteri BUMN memulai rencana menggunakan energi terbarukan dan membantu daerah yang akan menerapkannya.

Baca Juga: Ngeluh Sakit, Mahasiswa Tewas Saat Ikuti Diklatsar Mapala di Merapi Lahat

"Selain keindahan alam, ditunjang brand baru energi hijaunya,  seluruh tanah air akan melihat ke Kota Pagar Alam. Hijau keindahan alam dan energinya, betapa yang namanya tanpa polusi betul-betul semua orang mendambakan menuju  grand city. Kotanya sangat hijau penggunaan semua bersumber pada energi baru terbarukan,” katanya.  

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X