• Selasa, 17 Mei 2022

Kopi Komoditas Unggulan Sumsel, Mawardi Yahya Hadiri GERTAK

- Kamis, 27 Januari 2022 | 16:31 WIB
Mawardi Hadiri GERTAK secara virtual (humas pemprov Sumsel)
Mawardi Hadiri GERTAK secara virtual (humas pemprov Sumsel)

Sumsel24.com – Secara virtual Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya menghadiri Gerakan Tanam Kopi (GERTAK) di Seluruh Provinsi/Kabupaten  sentra Kopi Indonesia, di Command Center Kantor Gubernur, Kamis 27 Januari 2022.

Sumsel merupakan daerah penghasil kopi di Indonesia dengan luas areal kebun 250.305 hektar, yang sebarannya meliputi tujuh kabupaten/kota.

“Kabupaten/kota  Sumsel penghasil kopi berada di Kabupaten Lahat, Kota Pagar Alam, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Empatt Lawang, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Banyuasin,” jelas Mawardi Yahya.

Baca Juga: Tim JAMPidsus Periksa Saksi TW, Presdir PT Dini Nusa Kusuma Terkait Pengadaan Satelit Slot Orbit 123° BT

Menurut Mawardi, salah satu komoditas unggulan perkebunan Sumsel adalah Kopi. Komoditas yang baginya strategis dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta menghasilkan devisa negara.

“Perkebunan Kopi menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, membantu elestarian fungsi lingkungan hidup bagi sejumlah kawasan di Sumsel,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo berharap semakin tinggi permintaan akan kopi, karena pertumbuhan kafe/kedai kopi semakin pesat di dalam maupun luar negeri.

Baca Juga: Polisi Ungkap 2 Kasus Penggalangan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Sampai Triliunan Rupiah

Ditambahkannya, hasil produksi kopi Indonesia dapat didistribusikan di dalam maupun luar negeri sebagai komoditas ekspor.

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X