• Minggu, 14 Agustus 2022

Permudah Transaksi Jual Beli Hasil Pertanian, Pemkot Palembang Launching Aplikasi Pak Tani

- Rabu, 30 Maret 2022 | 21:49 WIB
Pemkot Palembang meluncurkan aplikasi Pak Tani. (Kominfo Palembang)
Pemkot Palembang meluncurkan aplikasi Pak Tani. (Kominfo Palembang)


Sumsel24.com -
Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meluncurkan aplikasi Pak Tani untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Palembang dalam transaksi hasil tani.

Melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan peluncuran aplikasi Pak Tani bertujuan mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli sembako dan hasil tani, seperti sayuran, daging ayam atau lainnya.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, aplikasi Pak Tani yang sengaja diluncurkan ini merupakan wadah bagi produsen dan konsumen dalam bertransaksi terkait produk pertanian atau produk pertanian.

Baca Juga: Terima Audiensi FAMS Palembang, Kadin Kominfo Palembang Edison Apresiasi Kecepatan Sebaran Informasi

“Jadi produk pertanian ini bisa dipasarkan melalui aplikasi Pak Tani,” kata Harnojoyo usai peluncuran aplikasi Pak Tani di Gedung Kantor Walikota, Jalan Tasik Palembang, Rabu, 30 Maret 2022.

Wali Kota Palembang dua periode itu juga mengatakan, kehadiran aplikasi tersebut juga dinilai berdampak positif bagi masyarakat, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Karena kita tetap menerapkan protokol kesehatan. Dan dengan adanya aplikasi ini masyarakat juga bisa terhindar dari kontak langsung dan itu bisa kita hindari,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Palembang Launching Aplikasi SIDEMANG

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti mengatakan, pihaknya hanya menyediakan wadah bagi petani yang ingin memperdagangkan hasil pertanian atau ternaknya melalui aplikasi.

“Khusus untuk aplikasi Pak Tani, kami memfasilitasi antara pedagang dan pembeli. Dan dalam aplikasi ini, kami juga bisa menjadi penjual atau bisa menjadi pembeli,” kata Sayuti.

“Misalnya saya punya produk seperti sapi dan saya ingin menjualnya, saya bisa memasukkannya di aplikasi ini dan bisa dilihat di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X