• Minggu, 26 Juni 2022

Bupati PALI Minta Gali Sumber Anggaran Diluar APBD dan Prioritas Pemulihan Ekonomi

- Kamis, 31 Maret 2022 | 22:43 WIB
Wakil Bupati Pali dan unsur Forkompinda usai musrenbang 2022  (Dok. Humas Pali)
Wakil Bupati Pali dan unsur Forkompinda usai musrenbang 2022 (Dok. Humas Pali)

Sumsel24.com - Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meminta untuk menggali sumber anggaran diluar APBD kabupaten dan mengedepankan program dengan prioritas pemulihan ekonomi.

Bupati Pali juga meminta setiap pelaksanaan program kegiatan, jangan hanya terpaku pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB) kabupaten saja, tetapi banyak potensi sumber anggaran lain yang dapat digali dan mampu membantu pembangunan di Kabupaten Pali.

Baca Juga: Mengenal Pantai Madasari yang Jadi Tempat Penyelundupan Sabu 1 Ton

Pemulihan ekonomi dan peningkatan daya saing serta inovasi daerah yang bisa menjadi sumber anggaran menjadi fokus pemerintah Kabupaten Pali pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM melalui Wakil Bupati Drs H Soemarjono saat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten PALI tahun 2023. Kamis 31 Maret 2022 di Aula kantor bupati PALI.

"Dana Alokasi Khusus atau DAK, bisa kita gali untuk dikucurkan ke kabupaten PALI. Kemudian APBD Provinsi, Bantuan Gubernur, dana CSR dan kerjasama daerah merupakan sumber anggaran diluar APBD kabupaten yang berpotensi bisa membantu pelaksanaan program kegiatan. Tinggal bagaimana kita aktif melakukan pengajuan ke pemerintah pusat, provinsi atau perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten PALI untuk menjadi sumber anggaran," ujar Wabup.

Baca Juga: Kapan 1 Ramadhan 1443 H? Muhammadiyah Tetapkan 2 April, Pemerintah akan Sidang Isbat

Sumarjono juga membahas isu strategis daerah tahun 2023, dimana selain pemulihan ekonomi, juga meliputi reformasi birokrasi, kemiskinan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta infrastruktur dan lingkungan hidup.

Wabub Pali Sumarjono saat musrenbang pali 2022 (Dok. Humas Pali)

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Persyaratan Jadi Anggota Bawaslu Sumsel 2022-2027

Selasa, 14 Juni 2022 | 19:08 WIB
X