• Senin, 27 Juni 2022

Harnojoyo Resmikan Rumah Restorative Justice untuk Warga Palembang

- Selasa, 26 April 2022 | 14:10 WIB
Walikota Palembang Harnojoyo menandatangani prasasti. (Kominfo Palembang)
Walikota Palembang Harnojoyo menandatangani prasasti. (Kominfo Palembang)


Sumsel24.com
Walikota Palembang Harnojoyo meresmikan Rumah Restorative Justice atau rumah perdamaian masyarakat di Kantor Lurah 8 Ulu, Kecamatan Jakabaring, Selasa 26 April 2022.

Harnojoyo mengatakan  Restorative Justice ini merupakan program dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang yang bertujuan sebagai tempat pelaksanaan mediasi musyarawah mufakat dan perdamaian untuk penyelesaian masalah.

"Yakni, perkara pidana ringan yang terjadi di masyarakat dengan mediasi dilakukan oleh jaksa serta disaksikan para tokoh masyarakat, tokoh agama setempat," kata Harnojoyo soal  Restorative Justice.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri 2022 Pemkot Palembang Upayakan Ketersediaan Bahan Pokok

“Terima kasih Pak Kejati dan Kejari, kami sangat menerima baik. Bahwa program ini memberikan peluang penyelesaian permasalahan masyarakat tanpa harus ke pengadilan,”tuturnya.

Sementara itu Wakil Kepala Kejati Sumsel, Drs Muhammad Naim, SH mengatakan syarat yang dapat dilaksanakan restorative justice, yakni sesuai Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif.

“Rumah restorative justice dalam dilakukan untuk perkara ringan, yakni untuk ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara,” terangnya.

Baca Juga: Jelang Idul Fitri 2022, Babinsa Koramil Sako Ingatkan Warga Binaan Tetap Patuhi Prokes

Lanjutnya, selain diresmikannya rumah restorative justice di Palembang, pihaknya juga secara serentak meresmikan di tiga Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel.

“Bersamaan juga secara serentak kita meresmikan rumah restorative justice di Kabupaten OKU, OKI dan Lahat,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkot Palembang Perkuat Regulasi Perda

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:56 WIB
X