• Senin, 27 Juni 2022

Herman Deru Ungkap Sumsel Zero Asap 2021 Jadi Contoh Penanganan Karhutlah 2022

- Kamis, 23 Juni 2022 | 15:07 WIB
Herman Deru saat apel kesiapsiagaan pengananan Karhutla di Sumsel (Humas Prov Sumsel)
Herman Deru saat apel kesiapsiagaan pengananan Karhutla di Sumsel (Humas Prov Sumsel)

Sumsel24.com - Keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) dalam menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada tahun lalu yang dinyatakan Zero Asap, menjadi contoh dalam mengupayakan sedini mungkin pencegahan karhutla secara permanen, utamanya di daerah yang dinilai rawan karhutlah pada tahun 2022.

“Keberhasilan penurunan titik hotspot pada tahun 2021, merupakan prestasi terbaik yang telah dilaksanakan oleh tim pengendalian Karhutla, dibawah komando Komandan Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Komandan Korem 044 Garuda Dempo," kata Gubernur Sumsel Herman Deru.

"Dan tentunya keberhasilan penanganan Karhutla ini berkat dukungan dari semua instansi vertikal, termasuk TNI, POLRI dan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel,” tuturnya usai menggelar Apel Siaga Kesiapsiagaan personil dan peralatan penanggulangan bencana karhutlah provinsi Sumsel tahun 2022, di Halaman Griya Agung, Rabu (22/6).

Baca Juga: Herman Deru Ingin Rakor Persiapan Pemilu Menyatukan Persepsi

Dalam apel kesiapsiagaan tersebut, Gubernur Provinsi Sumsel Herman Deru menekankan lima poin penting dalam upaya pencegahan karhutlah, diantarannya sinkronisasi satuan tugas Provinsi dengan Kabupaten, mengingat ada beberapa wilayah yang menjadi perhatian, karena kalau terjadi kebakaran, asapnya dapat mengarah menuju Kota Palembang.

Kemudian, membagi habis tugas pengendalian kebakaran hutan kebun dan lahan dengan melibatkan semua stakeholder terkait yang ada baik di Provinsi maupun di Kabupaten.

Memberikan sanksi tegas kepada pelaku yang membuka lahan dengan cara membakar atau pembakaran pasca panen, yang masih terjadi.***

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Herman Deru Kagumi Sosok Syeikh Ali Umar Thoyyib

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:46 WIB
X