• Kamis, 11 Agustus 2022

Disbudpar Sumsel Kenalkan Permainan Tradisional kepada Anak Anak Lubuklinggau Lewat Lomba

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 14:59 WIB
 congklak salah satu lomba permainan tradisional anak yang diperkenalkan Disbudpar Sumsel (jamil)
congklak salah satu lomba permainan tradisional anak yang diperkenalkan Disbudpar Sumsel (jamil)

Sumsel24.com - Disbudpar provinsi Sumsel berupaya mengangkat dan mengembalikan permainan tradisional yakni kembali mengenalkannya kepada anak-anak.

Salah satu upaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan menggelar lomba permainan tradisional dan tari kreasi daerah.

Dimulai dengan lomba permainan congklak yang dilaksanakan di Museum Subkoss Garuda di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumateta Selatan, Jumat, (5/8/2022).

Baca Juga: Lirik Lagu 'Cinta' Melly Goeslaw feat Krisdayanti yang dicover oleh Asila Maisa feat Lesti Kejora Populer

Lomba permainan tradisional congklak diikuti 84 peserta putra dan putri tingkat pelajar SMP dan SMA lubuklinggau, musi Rawas dan Muratara.

"Kita ingin mengenalkan kembali kebudayaan dan tradisi lama, sebab permainan tradisional mengasah otak, mengandung kekompakan dan strategi," kata Pengelola Subkoss Garuda sekaligus Panitia Penyelenggara, Eva Kusmalwati, Jumat (5/8/2022).

Dia juga menjelaskan, lomba juga digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). 

Baca Juga: 8 Kebiasaan Kecil yang Buruk Bagi Kesehatan Anda


Adapun permainan tradisional yang dilombakan seperti congklak, yeye karet, cak engkling, balap ban, gerobak sodor, bakiak dan enggrang batok.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X