• Selasa, 9 Agustus 2022

Malam lailatul Qadar Menurut Ustadz Adi Hidayat

- Rabu, 13 April 2022 | 23:24 WIB
Ustadz Adi Hidayat  (YouTube Adi Hidayat Official)
Ustadz Adi Hidayat (YouTube Adi Hidayat Official)


Sumsel24.com
- Di bulan suci Ramadhan, ada salah satu keistimewaannya, yaitu malam Lailatul Qadar.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan malam Lailatul Qadar melalui sejumlah riwayat hadits, bahwa malam yang lebih baik dari seribu bulan terjadi pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan.

“Pada malam hari, Al-Qadar (Lailatul Qadar), bisa menutup kalimat di malam hari, artinya malam yang istimewa, karena sinyalnya berbeda. Malam itu dimulai dari ba’da Isya, terbentang lebar hingga menjelang subuh,” kata khatib. yang biasa dipanggil UAH melalui channel Youtube Audio Dakwah.

Baca Juga: Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar, Berikut Keutamaan dan Amalan serta Doa Malam Lailatul Qadar

UAH menyebutkan dalam Surat 97 Al-Qadr ayat 5, salamun hiya hatta mathla'il fajr, bahwa batas waktu fajar adalah waktu yang singkat sebelum fajar, sekitar 15-20 menit sebelum fajar.
Jadi, mathla adalah awal fajar, akhir waktu sahur (15-20 menit) sebelum waktu fajar. Kemudian regangkan di belakang lail sampai Isya.

“Jadi sebenarnya luas, dari jam 8 malam ke atas. Tapi kalau mau diambil sarinya, waktu mujarabnya tengah malam, di atas jam 2 dini hari. Jam 1, 2, dan 3 disebut mujarab,” jelas UAH .
Hadits Qudsi meriwayatkan 30 sahabat Nabi Muhammad SAW, “Allah menyampaikan kepada hamba-Nya yang meminta, akan saya kabulkan. Siapa yang meminta saya memberi, siapa meminta ampun, saya ampuni.”

Oleh karena itu, orang-orang zaman dahulu berlomba-lomba untuk mendapatkan Lailatul Qadar dengan mengejar puncaknya.

Baca Juga: Malam lailatul Qadar, Lebih Baik dari Malam Seribu Bulan

“Jadi, dari ba’da Isya, mereka terus membaca Alquran. Ada yang shalat, ada juga yang seperti kita yang hanya mengejar puncaknya saja,” ujarnya.

Apalagi orang-orang pada waktu itu menggunakan siang untuk istirahat, sedangkan malam hidup sampai akhir.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Deddy Corbuzier Prihatin Kominfo Blokir PayPal

Minggu, 31 Juli 2022 | 21:01 WIB
X