• Minggu, 26 Juni 2022

Pemerintah Harus Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Diawal Tahun 2022

- Selasa, 4 Januari 2022 | 16:04 WIB
Ilustrasi Bahan Pokok di Pasar Tradisionil (sumsel24)
Ilustrasi Bahan Pokok di Pasar Tradisionil (sumsel24)

Sumsel24.com - Awal Tahun 2022 iringi dengan kenaikan harga harga komuditas terutama bahan pokok rumah tanga. Menyikapi hal ini, Rudi Hartono Bangun Anggota Komisi VI DPR RI mengingatkan agar pemerintah, khususnya kementerian dan lembaga terkait dapat mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok.

Selama pandemi beban rakyat sudah cukup berat, banyak yang kehilangan penghasilan, jika ditambah kenaikan harga bahan pokok maka semakin berat beban masyarakat..

Menurut Rudi, isu harga bahan pokok yang meroket biasa terjadi karena berlakunya hukum pasar, dimana permintaan barang meningkat di tengah stok yang terbatas. Permintaan yang tinggi dan penawaran rendah sudah bisa ditebak bahan pokok akan melambung, Pemerintah harus melakukan antisipasi kondisi ini.

Baca Juga: Polisi Amankan Sabu dari Sopir Angkot, Alasannya untuk Stamina

"Akhirnya harga melambung, dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan kementerian terkait juga harus membuat kebijakan untuk mengantisipasi naiknya harga," ujarnya seperti dikutif dari dpr.go.id Selasa 4 Januari 2022.

Selain itu, politisi Partai NasDem ini juga mengingatkan Kemendag untuk dapat mengantisipasi dengan menyiapkan stok barang atau operasi pasar.

"Jadi Mendag harus sungguh-sungguh bekerja dan mengeksekusi perintah presiden. Jangan menunggu lama dan lambat, sampai akhirnya rakyat ribut dan gaduh," terangnya.

Legislator dapil Sumatera Utara III itu mencontohkan, ketika Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan antisipasi kenaikan harga minyak goreng, maka Kemendag juga harus segera berupaya mengatasi kemungkinan lonjakan itu. Selain itu Rudi juga menyoroti kinerja Bulog, bagaimana lembaga itu melihat bahan pokok yang kebutuhannya naik sembari bersiap melakukan operasi pasar untuk menekan harga.

Baca Juga: Spesialis Curi Pagar Besi Dihadiahi Timah Panas oleh Polisi

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Ini Penyebab Minyak Goreng Langka di Pasaran

Senin, 14 Februari 2022 | 23:12 WIB
X