• Sabtu, 21 Mei 2022

Pantai Batu Karas Pangandaran Tempat Surfing dan Berenang yang Teduh

- Kamis, 6 Januari 2022 | 13:02 WIB
Suasana pantai Batu Karas saat hari libur  (Tuswanto)
Suasana pantai Batu Karas saat hari libur (Tuswanto)

Sumsel24.com - Pangandaran punya pantai yang jadi langganan turis manca negara, khususnya para pecinta Surfing. Adalah pantai Batu karas Pantai yang sempat viral saat libur lebaran tahun 2021. Karena ribuan wisatawan membludak memenuhi pantainya. Padahal saat itu pemerintah menerapkan kebijakan larangan mudik demi menekan penyebaran Covid 19 .

Batu Karas berada di Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran,. Berjarak sekitar 34 kilometer dari pantai utama Pangandaran. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan pribadi.

Batu Karas yang berada di sebelah barat pantai Pangandaran masih satu garis pantai dengan pantai Pangandaran dan pantai Batu Hiu. Nantinya akses ke Pantai Batu Karas akan lebih mudah karena pemerintah daerah sekarang sedang membangun infrastruktur jalan dan jembatan sepanjang garis pantai agar ketiga objek wisata yang masih dalam satu garis pantai ini bisa saling terhubung.

Baca Juga: Pemerintah Jangan Berbisnis Dengan Rakyat Kalau Memang Harus Lakukan Vaksin Booster

Pantai Batu karas dekat dengan objek wisata Green Canyon ( Cukang Taneuh) Cijulang. Sungai yang menjadi lokasi objek wisata Green Canyon bermuara di Batu Karas. Jika kita mau ke pantai Batu Karas pasti melewati Green Canyon, karena itu satu satunya akses jalan yang ada sekarang menuju ke pantai Batu Karas .

Dibandingkan dengan pantai Pangandaran, Batu Karas cenderung lebih sepi. Tapi menawarkan pemandangan alam yang justru lebih asri. Pengunjung dapat melakukan aktifitas berenang dengan lebih nyaman karena ombak disana tidak terlalu besar. Kelebihan lain pantai Batu Karas lebih teduh tidak sepanas pantai Pangandaran karena terlindung oleh pohon pohon besar yang tumbuh dipinggir pantai.

Soal sarana penunjang lain juga sudah tersedia dengan baik mulai dari penginapan atau hotel, resto, cafe dan juga pusat oleh - oleh.

Baca Juga: Wali Kota Bekasi Ditangkap KPK Bersama 11 Orang Lainnya, Terkait Dugaan Jual Beli Jabatan

Pantai Batu Karas memang lebih dikenal sebagai tempat surfing. Banyak pecinta surfing telah menjajal ombak pantai Batu Karas, baik para surfer domestik maupun dari manca negara. Batu Karas jadi pilihan ralistis mengingat jaraknya yang lebih dekat dibandingkan harus ke Bali atau ke pulau Nias tempat yang sudah dikenal sebagai tempat berselancar di tanah air.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X