• Sabtu, 21 Mei 2022

Masjid Al-Jabbar Emplak, Mesjid Megah Persinggahan Wisatawan

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:47 WIB
Mesjid Al Jabbar mesjid megah di jalur wisata Pangandaran (Tuswanto)
Mesjid Al Jabbar mesjid megah di jalur wisata Pangandaran (Tuswanto)

Sumsel24.com - Pangandaran sebagai objek wisata pantai favorit di Jawa Barat mayoritas pengunjungnya adalah wisatawan asal kota Bandung dan sekitarnya. Selain karena daya tarik alamnya juga karena jaraknya yang tidak terlalu jauh sekitar 200 km dari Bandung. Dapat ditempuh sekitar 4-5 jam dengan kendaraan pribadi.

Waktu tempuh 4-5 jam memang waktu yang sedang untuk sebuah perjalanan berkendara. Idealnya sekali istirahat di tengah perjalanan sudah cukup.

Memasuki wilayah Kalipucang atau sekitar setengah jam sebelum sampai kota Pangandaran, pengemudi akan melalui kawasan hutan jati Perhutani. Dengan karakter jalan yang berkelok ditambah dengan tanjakan dan turunan.

Baca Juga: Atletico Madrid Tersingkir di Babak 16 Besar Copa del Rey

Sebenarnya di kawasan ini justru wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Menjadi keasikan tersendiri melalui jalan yang berkelok dengan pemandangan hutan jati yang hijau dan udaranya yang sejuk.

Tapi karena karakter jalan yang berkelok itu justru dibutuhkan konsentrasi lebih dalam mengemudikan kendaraan. Untuk menyegarkan dan memulihkan kembali stamina wisatawan bisa beristirahat sejenak di kawasan ini.

Sebenarnya ada tempat istirahat yang bagus dengan pemandangan sekitar yang indah yaitu spot Saung Buleud. Sebuah gubuk kecil yang berada di tepi jurang. Tapi tempat ini lokasinya di tikungan dan area parkirnya hanya cukup untuk sekitar 3 kendaraan sejenis sedan. tempat ini kurang ideal untuk tempat istirahat.

Baca Juga: Resep dan Cara Mebuat Pempek khas Palembang, Mudah Praktis dan Nikmat

Tempat lain yang lebih nyaman untuk istirahat adalah di pelataran parkir mesjid Al Jabbar di pertigaan Emplak. Pertigaan ini ke arah kirinya adalah jalan menuju objek wisata pantai Karapyak. Yang berjarak sekitar 5 km dari pertigaan Emplak. Sedangkan yang ke arah kanannya menuju pantai Pangandaran.

Parkiran mesjid ini cukup luas bisa menampung kendaraan besar seperti bis pariwisata. Selain menunaikan ibadah bagi kaum muslim wisatawan bisa istirahat sejenak untuk memulihkan stamina.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X