• Sabtu, 21 Mei 2022

Pelabuhan Cikidang Sering Dijadikan Background Selfie Wisatawan

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 08:39 WIB
Kawasan pelabuhan Cikidang dilihat dari Jembatan Merah Pangandaran (Tuswanto)
Kawasan pelabuhan Cikidang dilihat dari Jembatan Merah Pangandaran (Tuswanto)

Sumsel24.com - Pelabuhan Pendaratan Ikan ( PPI ) Cikidang adalah pelabuhan perikanan yang tidak ada bedanya dengan pelabuhan sejenis yang ada di daerah lain. Tapi akhir akhir ini banyak orang berfoto dengan latar belakang kawasan Pelabuhan Cikidang.

Hal ini tidak terlepas dari viralnya Jembatan Merah yang ada di objek wisata Pantai Pangandaran. Seperti diketahui jembatan Cikidang atau yang lebih dikenal Jembatan Merah adalah jembatan penghubung antara kawasan pelabuhan Cikidang dengan pantai timur Pangandaran.

Jembatan ini jadi viral karena dari sekitar jembatan ini tampak pemandangan sekelilingnya yang luar biasa. Jembatan Merah dan Pelabuhan Cikidang tidak bisa dipisahkan. Karena salah satu pemandangan indah yang bisa terlihat dari jembatan merah adalah kawasan pelabuhan Cikidang.

Baca Juga: Nyaris Tanpa Luka Seorang Anak Selamat Usai Diseret Truk Tronton Maut di Rapak Balikpapan

Pelabuhan Cikidang juga jadi sering dikunjungi dan jadi spot foto baru yang diminati karena akses jalan baru menuju Pantai Timur Pangandaran melalui depan pelabuhan ini. Bisanya wisatawan akan mampir ke pelabuhan ini sebelum atau sesudah masuk ke objek wisata Pantai Pangandaran.

Pelabuhan Cikidang sendiri dibangun sejak tahun 2003 oleh pemerintah Kabupaten Ciamis karena waktu itu Pangandaran masih menjadi bagian dari wilayah kabupaten Ciamis.

Tujuan pembangunannya sendiri adalah bagian dari penataan kawasan wisata Pantai Pangandaran. Yang mana dahulu perahu para nelayan Pangandaran itu banyak memenuhi pantai barat dan pantai timur.

Baca Juga: Herman Deru : Memakmurkan Masjid Tidak Hanya Ibadah, Juga Kegiatan Kepentingan Umat Lainnya

Dengan sudah adanya Pelabuhan Cikidang kini semua perahu nelayan berangkat dan pulang melaut nya dari pelabuhan Cikidang. Sekarang perahu yang ada di pantai barat adalah hanya perahu pesiar yang biasa melayani pengunjung jika ingin diantar ke kawasan Pantai Pasir Putih.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X