Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Linggau, Kasus Narkotika Masih Tertinggi di Wilayah Ini

- Selasa, 21 Maret 2023 | 16:52 WIB
Kegitan Pemusnahan Barang Bukti Yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Kejari Lubuklinggau (Jamil)
Kegitan Pemusnahan Barang Bukti Yang telah berkekuatan hukum tetap oleh Kejari Lubuklinggau (Jamil)

Sumsel24.com - Kejaksaan Negeri Lubuklinggau melakukan pemusnahan barang bukti yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap di halaman kantor Kejari Lubuklinggau pada Selasa, 21 Maret 2023.

Kegiatan pemusnahan ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti penegakan hukum terhadap kasus narkotika yang masih tertinggi di wilayah tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Kepala Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Dr. Bayu Kristianto, SH, MH, Perwakilan dari PN Lubuklinggau Ibu Lina Safitri Tazili, SH, MH, serta perwakilan Lapas Kelas IIA Lubuklinggau Meta Putra.

Baca Juga: Tim Tabur Kejari Lubuklinggau Tangkap Imam Ghazali, Buronan Terpidana Kasus Pencemaran Nama Baik Tahun 2017

Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan pemusnahan tersebut.

Ia menekankan bahwa hal ini merupakan tindak lanjut dari apa yang telah dilakukan penegak hukum di wilayah Kota Lubuklinggau, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Wako juga menegaskan bahwa tidak semua kasus terkait narkotika ini terjadi di Lubuklinggau. Kasus tersebut meliputi wilayah Musi Rawas dan Musi Rawas Utara yang menjadi wilayah hukum dari Kejaksaan Negeri Lubuklinggau.

Baca Juga: Inilah Top 7 Indonesian Idol 2023 yang Berhasil Lolos Babak Spekta 7 Tadi Malam

“Kasusnya bukan hanya di Lubuklinggau saja, karena memang wilayah Kejaksaan Negeri Lubuklinggau ini mencakup tiga wilayah,” tutupnya Walikota Lubuklinggau.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Barang Bukti, Imam Hidayat, menyebutkan bahwa barang bukti yang dimusnahkan meliputi dua pucuk senjata api laras pendek, tiga pucuk senjata api laras panjang, enam butir peluru, sembilan pisau, enam parang, serta narkotika jenis sabu-sabu seberat kurang lebih 958 gram dan 659,5 butir ekstasi.

"Diantaranya barang bukti yang kita musnahkan ada dua pucuk senjata api laras pendek, tiga pucuk senjata api laras panjang, enam butir peluru, sembilan pisau dan enam parang," kata Imam hidayat selaku kasi Barang Bukti.

Baca Juga: Proses Pengolahan Buah Kolang kaling Hingga Siap Dimakan, Bigini Caranya

Selain itu, ada pula barang bukti lainnya seperti 20 liter solar, pakaian untuk melakukan pencabulan, pil KB, dan alat-alat lain yang terkait dengan tindak pidana.

Imam Hidayat juga mengungkapkan bahwa jumlah perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Lubuklinggau selama periode Desember 2022 hingga Maret 2023 mencapai 222 perkara, dengan jumlah kasus narkotika sebanyak 155 perkara.

Diharapkan dengan pemusnahan barang bukti ini, penegakan hukum terhadap kasus narkotika di wilayah Kejaksaan Negeri Lubuklinggau dapat semakin ditingkatkan dan masyarakat dapat terhindar dari bahaya narkotika.***(mil)

Halaman:

Editor: Muhamad F

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X