• Selasa, 24 Mei 2022

Ditembak Heri Gondrong CS, Spesialis Jambret Lintas Pulau Lumpuh Usai Gasak Pendeta

- Selasa, 12 Januari 2021 | 09:15 WIB
IMG-20210112-WA0007
IMG-20210112-WA0007

Sumsel24.com Palembang - Akbar (40), seorang spesialis jambret lintas pulau kini dilumpuhkan oleh anggota Unit 1 Subdit Jatanras Polda Sumatera Selatan (Heri Gondrong CS) Akbar ditangkap lantaran ulahnya telah menjambret seorang pendeta saat tengah bersepeda di Jalan Kapten A Rivai, tepatnya di depan Hotel Batiqa, Palembang, pada Sabtu (2/1) sekitar pukul 07.30 WIB. Pria yang merupakan warga Jalan Prajurit Nazarudin, Kalidoni, Palembang itu diamankan petugas dikediamannya, pada Jumat (8/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Saat dilakukan pengembangan tersangka berusaha kabur dan melawan petugas sehingga anggota Unit 1 Jatanras terpaksa memberikan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku.
-
Pelaku saat diintrogasi Kanit 1 Jatanras, Kompol Antoni Adhi di Mapolda. Foto Prima Kasubdit Jatanras Polda Sumsel, Kompol Suryadi melalui Kanit I Jatanras, Kompol Antoni Adhi turut membenarkan adanya penangkapan pelaku jambret yang dilakukan anggotanya. Menurut Antoni, penangkapan tersebut yang ia pimpin secara langsung bersama Katim Opsnal Unit I Jatanras, Aiptu Heri Kusuma Jaya atau biasa siapa dengan Heri Gondrong. "Benar anggota kita berhasil mengamankan pelaku penjambretan terhadap korban Iwan K Sinulingga (54) warga Jalan Kol Atmo, Kelurahan 17 Ilir, Kecamatan IT I Palembang yang saat kejadian sedang bersepeda," kata Antoni, Selasa (12/1/2020).
-
Pelaku saat diberikan tindakan medis di RS Bhayangkara Palembang. Foto Prima. Namun saat di Tempat Kejadian Perkara (TKP), korban yang diketahui sebagai seorang pendeta itu dipepet oleh pelaku menggunakan sepeda motor dan langsung menarik tas pinggang korban yang berisi satu buah ponsel jenis Samsung S20 plus dan uang Rp 300 Ribu hingga korban terjatuh dari sepeda, atas peristiwa pencurian dengan kekerasan tersebut korban mengalami sejumlah luka disekujur tubuh. "Anggota kita bergerak cepat dan berhasil mengamankan pelaku di Kediamannya, sewaktu hendak dilakukan pengembangan kasus pada malam harinya dengan mencari barang bukti lainnya pelaku melakukan perlawanan sehingga anggota kita memberikan tindakan tegas dan terukur," tegas Antoni. Setelah ditangkap, kemudian pelaku dibawa ke Rumah Sakit (RS) Bayangkara M Hasan Palembang untuk diberikan tindakan medis. Selanjutnya pelaku berikut dengan barang bukti dibawa ke Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel.
-
Heri Gondrong menunjukkan sepeda motor yang digunakan pelaku untuk lancarkan aksinya. Foto Prima "Dari tangan pelaku kita amankan barang bukti satu buah ponsel jenis Samsung S20 plus milik korban dan satu Unit sepeda motor matic jenis N Max milik pelaku yang digunakan saat aksi," terang Antoni. Sedangkan, Katim Opsnal Unit 1 Jatanras, Aiptu Heri Kusuma Jaya (Heri Gondrong) pun menjelaskan bahwa dari hasil interogasi yang dilakukan anggota bahwa diketahui pelaku merupakan Residivis Spesialis Jambret. "Interogasi yang dilakukan anggota kita didapatkan bahwa pelaku ini sudah melakukan berbagai aksi penjambretan di daerah Jakarta dan Palembang," beber Hergon. Sementara itu, Pelaku Akbar saat dimintai keterangan oleh Sumsel24.com mengaku, sebelum beraksi ia sengaja mencari mangsa. Ketika melihat korban ia langsung mengikuti korban yang sedang mengendarai sepeda. "Saya ikuti korban dan ketika ada kesempatan saya langsung menarik tas korban, hal ini saya lakukan untuk kuliah anak saya yang membutuhkan ponsel jadi saya terpaksa jambret korban," kata Akbar. Untuk uang milik korban yang juga ia gasak, digunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Uang hasil jambret saya belikan ponsel dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari dan di Palembang saya sudah tujuh kali beraksi di kawasan Veteran, Rajawali, 7 Ulu dan Kapten A Rivai," tutup Akbar. (prm)

Editor: sumsel24

Tags

Terkini

KPK Terus Kejar Harun Masiku Buronan KPK

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:34 WIB
X