• Selasa, 17 Mei 2022

Terungkap di Persidangan, Polisi Disebut Terima Setoran Proyek di Musi Banyuasin

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:58 WIB
Suasana sidang di PN Tipikor Palembang. (Foto. Prima)
Suasana sidang di PN Tipikor Palembang. (Foto. Prima)

Sumsel24.com - Sidang kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun anggaran 2021 yang menjerat Dodi Reza Alex Noerdin tersangka, digelar. Dalam sidang agenda keterangan saksi terhadap terdakwa Suhandy itu, salah seorang saksi mengungkap jika pihak kepolisian ada menerima suap.

Ada empat orang saksi yang dihadirkan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor PN Palembang, Kamis 20 Januari 2020, yang merupakan pegawai di Dinas PUPR Kabupaten Muba yakni, Herman Mayori Kadis PUPR, Eddi Umari kabid Sumber Daya Air atau PPK, Achmad Fady Kabid Pembangunan Jalan Jembatan dan Irfan Kabid Preservasi Jembatan Jalan.

Seorang saksi mengatakan, uang suap pengerjaan empat proyek di Muba turut mengalir ke kepolisian sebesar Rp2 miliar. Uang suap yang bersumber dari Suhandy itu, disebut untuk pengamanan proyek Dinas PUPR Muba 2020 yang sempat bermasalah.

Baca Juga: Ironi Pengawasan Lapas di Sumsel Kurun Waktu Sebulan 3 Napi Narkoba Kabur

"Pada 2020 ada Rp2 miliar dari Suhandy, ada pemintaan dari Polda Sumsel terkait menyelesaikan permasalahan pengamanan Dinas PUPR. Uangnya dari Eddy Umari, diserahkan ke Irfan, lalu diserahkan ke orang suruhan. Sumber yang dari Suhandy katanya untuk proyek berikutnya," ujar Herman ketika memberikan kesaksian dalam persidangan.

Bahkan kata dia, tak hanya itu, selain aliran dana ke Polda Sumsel, ada juga dana suap tersebut yang mengalir ke Polres Muba.

"Lalu ada juga untuk kebutuhan Polres Muba, katanya tolong dibantu. Ke Kasat Reskrim Rp20 juta untuk support kebutuhan diberikan ke anak buah Kasat Reskrim. Belakangan baru tahu uang itu dari Suhandy melalui Eddy Umari," ungkap Herman.

Baca Juga: Miris! Ditinggal Mama Mencari Nafkah Bocah di Lahat Malah Dicabuli Papa Tiri

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi ketika dimintai konfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya akan mencari tahu lebih lanjut mengenai fakta dalam persidangan tersebut.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pria Pembunuh Ibu Muda di Bandung Gantung Diri

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:01 WIB
X