• Selasa, 17 Mei 2022

Sebulan Berlalu, Napi Bandar Narkoba Kabur dari Lapas Empat Lawang Belum Tertangkap

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:50 WIB
Riansyah, Napi kasus narkoba yang kabur dari Lapas Empat Lawang, Sumsel.  (Dok. Ist)
Riansyah, Napi kasus narkoba yang kabur dari Lapas Empat Lawang, Sumsel. (Dok. Ist)


Sumsel24.com - Riansyah, narapidana (napi) bandar narkoba yang divonis 9 tahun penjara, kabur dari Lapas Kelas II-B Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel), saat izin salat. Hampir sebulan diburu, terpidana kepemilikan ganja itu tak belum juga tertangkap.

"Iya napi Lapas Empat Lawang (Riansyah) yang kabur itu hingga saat ini belum tertangkap. Masih dalam pengejaran," kata Kepala Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kanwil Sumsel, Indro Purwoko ditemui Sumsel24.com di kantornya, Jumat 21 Januari 2022.

Menurut Indro, Kemenkumham Pusat hingga kini masih mempertimbangkan sanksi apa yang akan diterapkan terhadap petugas lapas yang lalai, terkait kabur nya Riansyah.

Baca Juga: Pelabuhan Cikidang Sering Dijadikan Background Selfie Wisatawan

"Belum ada keputusan dari kantor pusat apa sanksi terhadap petugas yang lalai tersebut," ucap Indro, ketika ditanya terkait sanksi terhadap petugas Lapas Empat Lawang, yang lalai.

Diakuinya, pihaknya sudah mengajukan sanksi ke Kantor Pusat beberapa waktu lalu. Pengakuan sanksi itu, lanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan Tim dari Divisi Permasyarakatan.

"Untuk sanksinya sudah kita ajukan ke kantor pusat beberapa waktu lalu. Sanksi 'sedang' yang kita ajukan. Pengajuan sanksi itu, berdasarkan dari hasil pemeriksaan Tim dari Divisi Permasyarakatan Kanwil," katanya.

Baca Juga: Nyaris Tanpa Luka Seorang Anak Selamat Usai Diseret Truk Tronton Maut di Rapak Balikpapan

Di bulan Januari 2022, dalam catatan Sumsel24.com sudah 3 napi narkoba yang dikabarkan kabur dari Lapas di Sumsel. Apabila kejadian tersebut kembali terulang di semua Lapas Sumsel, Indro menyebut, akan langsung menarik petugas terkait untuk berkantor sementara di Kanwil. Hal itu untuk memudahkan pemeriksaan.

"Terkait peristiwa-peristiwa tersebut, kedepannya saya akan langsung menarik petugas lapas terkait untuk berkantor sementara di Kanwil untuk itu untuk memudahkan pemeriksaan dan menentukan pemberian sanksi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pria Pembunuh Ibu Muda di Bandung Gantung Diri

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:01 WIB
X