• Selasa, 17 Mei 2022

Polisi Ungkap 2 Kasus Penggalangan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Sampai Triliunan Rupiah

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:57 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat memberikan penjelasan (Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat memberikan penjelasan (Humas Polri)

Sumsel24.com - Kapolri Jenderal (pol)Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, sepanjang tahun 2021, Korps Bhayangkara telah mengungkap dua kasus pidana penggalangan dana ilegal atau tak berizin yang merugikan masyarakat.

Sigit mengungkapkan kasus pertama yang terungkap adalah penipuan, penggelapan, dan Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan oleh PT. Hanson International dan Mitra Utama Koperasi Hanson.

Menurut Sigit, dalam kasus ini, pihaknya menangkap tersangka BT bersama 9 orang yang menggalang dana berupa medium term notes, short term loan, summary loan agreement dan term deposit tanpa izin OJK.

Baca Juga: Hendak Kabur saat Diciduk Polisi, Dua Sekawan Diberi Tendakan Tegas dan Terukur

"Kerugian nasabah dalam kasus ini Rp 6,2 triliun," kata Sigit dalam keterangan tertulis kepadaawak media, Jakarta, Kamis 27 Januari 2022.

Kemudian kasus kedua, lanjut Sigit, adalah pengungkapan kasus dugaan penipuan, penggelapan dan pencucian uang yang dilakukan oleh PT. Asuransi Jiwa Kresna dengan tersangka inisial KS. Kerugian nasabah dalam kasus ini sebesar Rp688 miliar.

Di sisi lain, sepanjang tahun 2021, Polri juga telah menindak tegas kasus pinjaman online (pinjol) ilegal. Setidaknya, ada 89 kasus yang terungkap dengan 65 tersangka, empat di antaranya warga negara asing (WNA).

Baca Juga: BAHARI Laporkan BPDAS-HL Musi Ke Polda Sumsel Dugaan Penyimpangan Rehabilitasi Hutan dan Lahan Intensif

Adapun salah satu kasus peminjaman yang menjadi perhatian publik adalah kasus PT. Asia Fintek Teknologi, yang bertindak sebagai perusahaan yang menyelenggarakan transfer dana dalam kegiatan pinjam meminjam ilegal, bermitra dengan beberapa koperasi simpan pinjam.

Halaman:

Editor: M Fathony

Sumber: Humas Polri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pria Pembunuh Ibu Muda di Bandung Gantung Diri

Kamis, 12 Mei 2022 | 20:01 WIB
X