• Senin, 27 Juni 2022

Sidang Lanjutan Anthony Hamzah, Hadirkan Dua Saksi Ahli Hukum Pidana dan Satu Ahli Hukum Perdata

- Minggu, 15 Mei 2022 | 13:38 WIB
Sidang dengan terdakwa Ketua Kopsa M Kampar Riau, H. Anthony Hamzah, digelar di PN Bangkinang, Riau pada Kamis, 12 Mei 2022 menghadirkan 2 saksi ahli Hukum Pidana dan 1 saksi ahli Hukum Perdata.  (SMSI Sumsel)
Sidang dengan terdakwa Ketua Kopsa M Kampar Riau, H. Anthony Hamzah, digelar di PN Bangkinang, Riau pada Kamis, 12 Mei 2022 menghadirkan 2 saksi ahli Hukum Pidana dan 1 saksi ahli Hukum Perdata. (SMSI Sumsel)

Sumsel24.com - Persidangan terdakwa Ketua Kopsa M Kampar Riau, H. Anthony Hamzah Hadirkan dua saksi ahli Hukum Pidana dan satu ahli Hukum Perdata.

Anthony Hamza dikriminalisasi karena memperjuangkan hak 997 petani atas PTPN V dan perusahaan perkebunan ilegal PT. Langgam Harmuni. Sidang yang digelar di PN Bangkinang, Riau pada Kamis, 12 Mei 2022

Keterangan 3 ahli tersebut menperkuat argumen penasehat hukum yang dalam eksepsi meyakini bahwa kriminalisasi terhadap Dosen UNRI, H. Anthony Hamzah ini adalah back fire atas kegigihannya membela hak-hak petani dan tidak sah secara hukum.

Baca Juga: Jordy Amat Tiba di Indonesia, Ketua PSSI Mochammad Iriawan Ucap Selama Datang

Dr. Chairul Huda, Ahli Pidana yang juga merupakan anggota Tim Perumus RUU KUHP ini menyatakan dakwaan atas Anthony Hamzah yang didasari bukti foto copy tidak berkesesuaian sebagaimana diatur dalam Pasal 184 KUHAP (1).

Bahkan menjadi menyesatkan karena menjadikan tulisan foto copy yang tidak diketahui asal usulnya serta tidak ada pembanding aslinya sebagai alat bukti.

"Hal tersebut jelas melanggar UU yang mengatur secara jelas dan tegas mengenai alat bukti," terang Chairul Huda.

Lebih jauh Huda yang juga merupakan Penasehat Ahli Kapolri bidang Hukum Pidana ini menjelaskan, bahwa seseorang tidak bisa dimintai pertanggungjawaban pidana, dengan dasar surat kuasa, karena surat kuasa adalah produk hukum yg diatur oleh undang-undang keperdataan.

Baca Juga: Kunjungi Space X Milik Elon Musk, Presiden Jokowi Bicara Investasi

Halaman:

Editor: M Fathony

Sumber: SMSI Sumsel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X