• Sabtu, 21 Mei 2022

Menkes Budi Gunadi Sadikin Hari ini Canangkan Vaksin Booster, Ini Syaratnya

- Rabu, 12 Januari 2022 | 10:07 WIB
foto Menkes Budi Gunadi Sadikin (Kemkes.go.id)
foto Menkes Budi Gunadi Sadikin (Kemkes.go.id)

Sumsel24.com  - Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) , Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI)  Budi Gunadi Sadikin hari ini  akan mencanangkan vaksin booster (vaksin lanjutan) kepada masyarakat Indonesia, Rabu 12 Januari 2022.

Menurut Menkes  Vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia diberikan sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya, dikutip Sumsel24.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan, Kemkes.go.id.

“Vaksin booster adalah dosis vaksin lanjutan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap penyakit. Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia vaksin,” ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Lahat H. Cik Ujang Sambut Hangat Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dan Jajaran di Rumah Dinas

Namun, pemberian ini tidak serta merta diberikan kepada masyarakat, menurutnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan vaksin booster ini. Syaratnya penerima vaksin booster harus sudah vaksin lengkap dua kali dan minimal sudah enam bulan dari suntikan dosis kedua.

“Sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis,” tegas Budi Gunadi Sadikin.

Menkes juga dalam pemberian vaksin booster mempertimbangkan ketersediaan vaksin yang ada pada tahun ini. Selain itu juga mempertimbangkan hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dalam negeri maupun luar negeri, sudah dikonfirmasi oleh Badan POM dan ITAGI.

Baca Juga: Menteri Penanaman Modal/Kepala BKPM Targetkan Akhir Januari 2022 Ground breaking Proyek DME

“Untuk vaksin primer Sinovac atau vaksin dosis pertama dan kedua Sinovac akan diberikan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca. Untuk vaksin primer AstraZeneca atau vaksin dosis pertama dan kedua AstraZeneca akan diberikan vaksin booster setengah dosis Moderna.

Halaman:

Editor: Erwan B

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-Hati Masalah Kesehatan Pasca Lebaran

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:57 WIB

Manfaat dan Bahaya Buah Durian Untuk Tubuh

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:51 WIB

Apa Penyebab Batu Ginjal ?

Minggu, 10 April 2022 | 20:09 WIB

Serangan Jantung di Usia Muda Ini Penyebabnya

Kamis, 24 Maret 2022 | 12:43 WIB
X