• Minggu, 26 Juni 2022

Pentingnya Menjaga Kesehatan Selama Puasa Hingga Hari Kemenangan

- Sabtu, 9 April 2022 | 17:39 WIB
Layanan Prodia Palembang. (Dok. Prodia)
Layanan Prodia Palembang. (Dok. Prodia)


Sumsel24.com
- Menjalankan ibadah puasa di masa pandemi Covid-19 tentu tidak mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang agar tubuh tetap sehat. Dengan begitu, puasa bisa berjalan lancar hingga hari kemenangan tiba.

Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga pola makan yang bijak. Pasalnya, orang yang berpuasa seringkali kesulitan mengontrol asupan makanan dengan baik, baik saat sahur maupun buka puasa. Hal ini berisiko menimbulkan sejumlah masalah kesehatan.

Perut kosong saat puasa memungkinkan seseorang mengalami gangguan asam lambung, terutama bagi penderita penyakit maag. Sakit kepala juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus diwaspadai.

Baca Juga: Masuki Gelombang Ketiga Pandemi, Prioritaskan Periksa Kesehatan Berkala di Prodia

Hal ini dikarenakan asupan glukosa dalam tubuh akan berkurang saat berpuasa. Tekanan darah juga menjadi rendah. Selain itu, saat berpuasa, dehidrasi juga rawan terjadi.

Menahan rasa haus saat berpuasa mengurangi cairan tubuh. Apalagi jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik saat sahur.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul saat berpuasa adalah radang tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh konsumsi makanan berminyak yang berlebihan saat berbuka puasa. mengabaikan kandungan gizi seimbang. Padahal, makanan yang minim vitamin dan serat bisa memicu gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Baca Juga: Prodia Anjurkan Cek Kondisi kesehatan Rutin Agar Tetap Prima

Oleh sebab itu, agar ibadah puasa tidak terganggu, pastikan tubuh selalu sehat. Apalagi, imun tubuh juga harus selalu terjaga selama pandemi agar tidak mudah terserang beragam penyakit dan memperbesar risiko tertular virus corona. Selain menjaga pola makan, pastikan untuk menyempatkan diri melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar tubuh tetap sehat selama berpuasa," kata Ermayanti Branch Manager Prodia Palembang.

Kata Erma, salah satunya Anda dapat melakukan pemeriksaan kesehatan di Laboratorium Klinik Prodia yang menyediakan paket pemeriksaan kesehatan ProHealthy Ramadan untuk membantu Anda menjaga tubuh agar selalu sehat dan prima selama berpuasa.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Terkini

Hati-Hati Masalah Kesehatan Pasca Lebaran

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:57 WIB

Manfaat dan Bahaya Buah Durian Untuk Tubuh

Rabu, 11 Mei 2022 | 14:51 WIB
X