• Senin, 27 Juni 2022

Hati-Hati Masalah Kesehatan Pasca Lebaran

- Kamis, 19 Mei 2022 | 16:57 WIB
Cek kesehatan di Laboratorium Prodia. (Ofie)
Cek kesehatan di Laboratorium Prodia. (Ofie)


Sumsel24.com - 
Perayaan Idul Fitri atau Lebaran identik dengan aneka masakan santan, berlemak, tinggi gula dan berkalori tinggi. Jika berlebihan, makanan khas Lebaran ini akan mudah menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh.

Beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai setelah lebaran antara lain peningkatan kadar gula darah akibat berbagai kue kering hingga minuman manis.

Fenomena pasca lebaran ini harus menjadi perhatian bagi orang-orang dengan status pra-diabetes atau yang memiliki riwayat keluarga diabetes.

Baca Juga: Masuki Gelombang Ketiga Pandemi, Prioritaskan Periksa Kesehatan Berkala di Prodia

Selain itu, waspadai kenaikan berat badan yang tidak terkontrol setelah Idul Fitri usai. Hindari obesitas yang sering dikaitkan dengan berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, stroke, masalah jantung, diabetes, dan kanker. Seimbangkan asupan kalori yang masuk dengan melakukan olahraga.

Makanan tinggi lemak jenuh juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dan lemak dalam darah. Makanan khas lebaran yang disajikan dengan cara dimasak berulang kali dapat menyebabkan lemak jenuh lebih tinggi.

Kombinasikan makanan tinggi lemak dengan sayuran dan buah-buahan agar kadar kolesterol tidak meningkat drastis.

Baca Juga: Prodia Anjurkan Cek Kondisi kesehatan Rutin Agar Tetap Prima

Ermayanti Branch Manager Prodia Palembang mengatakan, untuk itu perlu memperhatikan porsi makan Anda saat Lebaran, tidak perlu berlebihan agar tidak menimbulkan masalah lain seperti gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, batuk hingga flu.

Meski terlihat seperti masalah kesehatan yang ringan, tentunya kita tidak ingin sakit setelah Lebaran, bukan? Kekebalan yang kuat tetap menjadi kunci utama di masa pandemi ini.

"Jangan biarkan moment-moment bersama keluarga saat dan setelah hari raya terganggu karena gangguan kesehatan. Pastikan kondisi tubuh Anda selalu dalam keadaan prima dengan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Dalam rangka merayakan hari kemenangan Idulfitri, Prodia memberikan keringanan biaya 20% untuk paket pemeriksaan Panel ProHealthy Mubarak dan pemeriksaan Prodia PULS Cardiac Marker selama 1 hingga 31 Mei 2022.,"katanya.

Halaman:

Editor: Aldyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-Hati Masalah Kesehatan Pasca Lebaran

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:57 WIB
X