• Minggu, 23 Januari 2022

5 Tips Lulus CPNS yang Harus Kamu Ketahui

- Sabtu, 27 Maret 2021 | 13:24 WIB
IMG-20210325-WA0032
IMG-20210325-WA0032

Sumsel24.com – Sehubungan dengan adanya kabar baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, yang menyatakan akan dibukanya penerimaan atau rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2021 ini. Tim redaksi Sumsel24.com berkesempatan mewawancarai Putri Purnamasari, Gadis ASN Pemerintah Kota  (Pemkot) Palembang Tahun 2020 terkait tahapan dan kiat sukses yang dilakukannya sehingga berhasil menjadi abdi negara. Dikatakan Putri, untuk menjadi seorang ASN, ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, yang pertama adalah Seleksi Administrasi dilakukan pada portal sscn.bkn.go.id. Seleksi Administrasi merupakan langkah awal dari serangkaian tahapan yang harus dilewati agar bisa lulus ujian cpns dengan baik. ”Seleksi Administrasi ini dimulai dari pendaftaran, kemudian kita juga akan diminta untuk mengunggah beberapa dokumen yang nanti akan diverifikasi oleh tim seleksi,” jelasnya. Kemudian yang kedua, adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). “Setelah dinyatakan lulus tahap administrasi, peserta akan mengikuti tes SKD CPNS. Tes ini akan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT),” tutur Gadis ASN Palembang 2020 yang merupakan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya ini.
-
Putri Purnamasari, ASN Pemkot Palembang. Materi SKD yang akan diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yaitu soal berupa Kewarganegaraan dan UUD 1945 dan NKRI. Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) berupa soal ilmu pengetahuan umum seperti kemampuan verbal, numerik atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka. Dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berupa tes psikologi yang mengukur tingkat kedewasaan (kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi dan kondisi tertentu. Belajar dari pengalamannya pada Seleksi CPNS Tahun 2018 yang lalu, menurut Putri, banyak sekali peserta tes SKD yang tidak Lulus SKD karena tidak memenuhi Passing Grade baik itu TIU, TWK dan TKP, karena beberapa pilihan kemarin cukup mengecoh. “Dalam TKP tersebut, sebaiknya kita memilih apa yang mungkin kita lakukan, yang paling benar dan paling mungkin kita lakukan, bukan hanya kita melihat dari segi moril, tapi kita harus realistis apakah itu berhubungan dengan tupoksi dan pekerjaan kita,” Ungkap Putri yang saat ini bertugas di Bagian Umum Setda Kota Palembang . Terkait banyaknya formasi yang akan dibuka, tidak menutup kemungkinan jika persaingan seleksi CPNS tahun 2019 ini akan semakin ketat. Maka dari itu, sebelum mengikuti tes CPNS, kamu wajib tau beberapa tahapan dan beberapa tips atau kiat sukses yang mungkin akan bermanfaat sebagai gambaran agar kamu berhasil menjadi Abdi Negara yang kamu dambakan.
-
Berikut 5 Tips Lulus CPNS 2021 dari Putri Purnamasari, ASN Pemerintah Kota Palembang yang bertugas di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Palembang yang harus kamu ketahui: 1. Pastikan persyaratan Anda lengkap saat mendaftar Agar keinginan kamu untuk menjadi PNS bisa terwujud, maka persiapan yang matang sangat diperlukan. “Tidak hanya persiapan kemampuan diri untuk mengikuti tes, tapi persyaratan dan berkas administrasi juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti, supaya lolos seleksi administrasi,” Kata Putri. 2. Pelajari terkait formasi yang akan kamu pilih Sebelum Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk formasi yang inginkan dan lakukan riset mulai dari seberapa banyak kuota yang tersedia di formasi tersebut. "Kalau saya kemarin memilih di Bidang Kepegawaian yang unit kerjanya di Setda Kota Palembang, karena saat itu slot atau kuota yang terbanyak adalah analis kepegawaian, jadi saya memilih itu,” jelas Putri. Meski demikian, menurut Putri, kita harus tetap melakukan persiapan yang matang agar bias lulus seleksinya, karena formasi dengan yang banyak, saingan juga pasti lebih banyak. 3. Perbanyak latihan soal-soal CPNS Kalau bisa beli yang terbaru, misal tahun kemarin, berarti kamu sebaiknya membeli buku soal CPNS tahun 2018 atau 2019. tapi jika memang tidak ada, tidak masalah beli buku soal-soal yang tahun-tahun sebelumnya, karena kurang lebih gambaran soalnya juga mendekati. “Kemudian ikut Simulasi di Internet atau Handphone, sebagai gambaran sebelum mengikuti seleksi resmi,” kata Putri. 4. Sebelum menjalani tahapan seleksi tes CPNS, Minta Doa pada Ibumu dan Orang Tuamu, agar persiapan kamu semakin matang, “Mengapa Harus Minta Doa pada Ibu, karena Meskipun kamu sudah belajar di rumah hingga belajar di Bimbel atau mengikuti simulasi secara maksimal, tetap saja doa orang tua paling penting, untuk memberikan kelancaran pada setiap langkah yang akan kamu lakukan. Banyak cerita-cerita dari pelamar CPNS yang merasakan kelancaran saat mengerjakan soal ujian, setelah meminta restu kepada orang tua terutama Ibu,” Tutur Putri. 5.Berdoa Kepada Allah SWT Meski telah berusaha maksimal, jangan lupa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menjalani setiap tahapan yang ada. "Itulah beberapa tips dari saya, berdasarkan pengalaman pribadi ikut tes CPNS pada tahun 2018, semoga saja bermanfaat untuk teman-teman yang nanti ikut seleksi CPNS di tahun ini, pesan saya tetap semangat, minta restu orang tua dan berdoa kepada Allah, semoga berhasil,” kata Putri. Ekslusif : Aldyo Wijaya

Editor: sumsel24

Tags

Terkini

X