• Jumat, 20 Mei 2022

Harga Produk Pangan Terus Naik dan kebijakan Impor Pemerintah tahun 2021 Merugikan Petani dan Pelaku UMKM

- Selasa, 4 Januari 2022 | 14:34 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan (dpr.go.id)
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan (dpr.go.id)

 

Sumsel24.com - 2021 tahun yang berat bagi petani dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM), kenaikan harga produk pangan yang tidak terkendali semakin menambah beban hidup petani dan pelaku UMKM. Harga komoditas pangan seringkali jatuh saat panen dan merugikan petani seperti jatuhnya harga gabah, harga jagung, cabai, bawang merah dan lain-lain.

hal ini disampaikan Johan Rosihan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR) RI dalam keterangan persnya.

“Selama tahun 2021 ini produk pangan yang bersumber dari impor seperti daging dan kedelai, harganya terus melonjak yang berakibat merugikan pelaku UMKM, serta merugikan konsumen karena daya beli yang semakin lemah pada masa pandemi ini," kata Johan seperti dikutip dari dpr.go.id, Senin (3/12/2021).

Baca Juga: 11 Jam Diperiksa Polda Jabar, Bahar Smith Resmi Jadi Tersangka

Johan menegaskan, sejak awal 2021 telah terjadi kenaikan harga kedelai yang tidak terkendali dan kebijakan kenaikan HET pupuk bersubsidi. Hal tersebut berdampak naiknya harga pangan sehingga pengeluaran rumah tangga terhadap pangan semakin meningkat dan menambah beban rumah tangga petani untuk melaksanakan kegiatan usaha taninya.

Di sisi lain, lanjut Johan, pemerintah terlihat tidak berdaya melakukan upaya untuk meningkatkan produksi pangan karena keterbatasan anggaran. Johan melihat ketidak mampuan pemerintah dari sisi anggaran dalam meningkatkan produksi pangan. Johan juga menyoroti kenaikan harga minyak goreng padahal Indonesia penghasil sawit terbesar didunia.

"Pada tahun 2021 ini telah terjadi pergerakan kenaikan harga minyak goreng yang terus melambung, padahal Indonesia merupakan negara produsen minyak sawit (CPO) terbesar di dunia dengan pertumbuhan rata-rata 3,61 persen per tahun," paparnya.

Baca Juga: Polisi Akan Panggil Artis Lain yang Terlibat dalam Kasus Prostitusi Cassandra Angelie

rencana impor impor 1 juta ton beras pada awal 2021 menimbulkan polemik serta penolakan luas dari komponen masyarakat.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:11 WIB
X