• Sabtu, 21 Mei 2022

Kampung Turis Kawasan Di Pangandaran Yang Bernuansa Jimbaran

- Kamis, 6 Januari 2022 | 22:10 WIB
Kampung Turis. Salah satu sudut Pangandaran yang layak anda kunjungi (Tuswanto)
Kampung Turis. Salah satu sudut Pangandaran yang layak anda kunjungi (Tuswanto)

Sumsel24,com - Jika anda sedang berlibur ke pantai Pangandaran. Saat hari beranjak gelap, cobalah ke pinggir pantai. Makan akan terlihat di kejauhan digaris pantai sebelah barat daya pantai Pangandaran sebuah kawasan yang terang benderang. Cahaya itu berasal dari ribuan lampu hias. Dari belasan bangunan yang berjejer sepanjang bibir pantai.

Tahukah anda kawasan apa itu ?
Ya betul itu adalah Kampung Turis. Salah satu sudut Pangandaran yang layak anda kunjungi. Dibangun tahun 2018 bersamaan dengan penataan dan relokasi pedagang dari pantai pangandaran.

Tujuan awal dibangunnya kawasan Kampung Turis adalah untuk menggaet wisatawan asing. Walaupun pada kenyataannya sekarang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Tidak kurang dari 15 Cafe dan Resto kini berdiri di Kampung Turis. Yang secara umum bangunannya mengusung konsep tradisional dengan material bahan bambu dan kayu.

Baca Juga: Keren! Teaser NOAH 'Bintang di Surga' Rilis, Hadirkan Grafik Ala PUBG yang Kekinian

Dari belasan resto dan cafe yang ada disana, ada yang menawarkan konsep resto yang tenang dan ada pula yang menyajikan konsep resto dan cafe dengan persembahan live musik terutama di akhir pekan.

Setiap resto kelihatan sangat cantik dan eksotik karena masing - masing bersaing membuat konsep se unik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung. Hampir semua resto mempunyai dua tempat makan yaitu bangunan utama dan gazebo di pinggir pantai. Seperti cafe dan resto yang ada di Jimbaran Bali. Untuk tempat parkir kendaraan jangan khawatir karena tersedia lahan parkir yang cukup luas.

Untuk tempat makannya pengunjung bisa memilih dua tempat makan yang disediakan. Yaitu bangunan utama yang kebanyakan terdiri dari 2 lantai atau memilih yang konsep gazebo di bibir pantai yang tanpa atap dan beralaskan pasir pantai. Sambil menunggu hidangan yang dipesan datang andapun bisa sejenak bermain dipinggir pantai. Atau bisa menyewa kuda tunggang yang tersedia sampai sebelum hari gelap.

Baca Juga: Menteri Perhubungan dan Gubernur Sumsel Cari Solusi Transportasi Umum di Palembang

Menu yang disediakan sangat bervariasi mulai dari yang tradisional sampai menu barat pun tersedia. Menu andalannya tentu seafood dan menu masakan tradisional asli dari daerah Pangandaran seperti Pindang Gunung.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:11 WIB
X