• Senin, 24 Januari 2022

Majingklak Spot Mancing Potensial di Perbatasan Jabar - Jateng, Surga Pemancingan Alam

- Rabu, 12 Januari 2022 | 23:45 WIB
Majingklak Spot Mancing Perbatasan Jabar - Jateng yang banyak didatangi Angler dari Penjuru negeri (Tuswanto)
Majingklak Spot Mancing Perbatasan Jabar - Jateng yang banyak didatangi Angler dari Penjuru negeri (Tuswanto)

Sumsel24.com - Mau Cari lokasi atau spot surganya pemancingan alam ? Jawabannya Majingklak, terletak di kawasan Kalipucang, kabupaten Pangandaran Jawa Barat, yang merupakan Dermaga Pelabuhan penyebrangan bongkar muat lintas Kalipucang Jawa Barat ke Jawa Tengah.

Dikawasan ini terdapat spot yang ideal untuk para Angler, bisa mancing di Muara atau mancing ke Laut lepas dengan menyewa Perahu atau Compreng.

Pangandaran sebagai sebuah kabupaten baru di wilayah Jawa Barat yang terkenal dengan objek wisatanya. Hal ini tidak terlepas karena sebagian wilayah Pangandaran adalah wilayah pesisir.

Baca Juga: Dirut PTBA Tegaskan Zero Fatality Jadi Prioritas Baik Keluarga Besar PTBA Maupun Mitra Kerja

Pangandaran mempunyai garis pantai sepanjang 91 km yang membentang di sisi selatan wilayahnya. Mulai dari sebelah timur garis pantai berada di wilayah kecamatan Kalipucang dan ujungnya ada di sebelah barat di wilayah kecamatan Cimerak.

Sebagai daerah pesisir tentu banyak sungai kecil dan besar yang bermuara disepanjang pesisir pantainya. Salah satu sungai besar yang ada di Pangandaran adalah sungai Citanduy. Salah satu sungai terbesar di Jawa Barat. Sungai yang tidak pernah kering walaupun datang kemarau panjang.

Sungai Citanduy berhulu di wilayah kabupaten Tasikmalaya,diantara gunung Sawal, gunung Galunggung, gunung Telaga Bodas, gunung Cakrabuana, dan gunung Sadakeling. Membentang melintasi empat kabupaten yaitu Tasikmalaya, Ciamis dan juga melintasi serta menjadi batas wilayah kabupaten Cilacap dan kabupaten Pangandaran. Sungai Citanduy bermuara di Sagara Anakan dekat pulau Nusakambangan.Baca Juga: Ketum SMSI Temui Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ada Apa?

Bagi para penghoby olah raga mancing di wilayah Jawa Barat bagian selatan tentu sungai Citanduy sudah tidak asing lagi. Karena banyak spot potensial untuk mancing disepanjang sungai ini. Baik untuk target ikan air tawar maupun ikan air payau.

Ikan nilem, tawes, gurame, nila, juga sidat bisa didapat di Citanduy. Bahkan jika mancingnya disekitar muara kita bisa mendapatkan Ikan predator seperti baramundi, juga mangrove jack, kakap batu/bakuku,belanak dan ikan air payau lainnya.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X