• Sabtu, 21 Mei 2022

Anggota DPR RI Guspardi Gaus Ungkap Kecurangan Oknum Pemda Pada Penerimaan CPNS Tahun 2021

- Kamis, 20 Januari 2022 | 17:40 WIB
Guspardi Gaus, Anggota DPR RI (Sumsel24.com/Erwan B)
Guspardi Gaus, Anggota DPR RI (Sumsel24.com/Erwan B)

Sumsel24.Com –  Anggota DPR RI Komisi II, Drs. H. Guspardi Gaus,M.Si dari Fraksi PAN mengungkap ada kecurangan tes CPNS tahun 2021 lalu. Hal itu disampaikanya saat Kunjungan Kerja ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu, Kamis 20 Januari 2022.

Salah satu modus kecurangan yang dilakukan oleh oknum pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota  adalah tidak memproses berkas untuk disampaikan ke BKN.

“Ada warga bangsa datang kepada kita di Komisi II DPR RI, seseorang yang sudah lulus dinyatakan oleh pusat, tetapi ketika ia ingin berkasnya dilengkapi, prosesnya dari bawah ternyata kelengkapan berkas tidak diproses oleh pemda kabupaten/kota sampai ke BKN,” ungkap Guspardi Gaus.

Baca Juga: Miris! Ditinggal Mama Mencari Nafkah Bocah di Lahat Malah Dicabuli Papa Tiri

Lanjutnya, Wanita ini lulus di rangking kedua, pada formasi bagian kesehatan yang sangat dibutuhkan di daerahnya. Namun oknum pemerintah daerah tidak memprosesnya berkasnya ke BKN sehingga ia tidak bisa menjadi PNS.

“Ia tidak dapat memiliki NIP  yang seharusnya sudah menjadi haknya karena ada oknum yang merugikan. Sementara orang pusat (BKN) menganggap yang bersangkutan tidak berminat atau mengundurkan diri menjadi PNS,” sesal Guspardi Gaus.

Ditambahkannya, Korban ini sudah jatuh tertimpa tangga, menurut aturan orang yang sudah lulus CPNS tahun berikutnya,  ia tidak bisa ikut tes cpns karena  orang yang sudah menjadi pns tidak boleh ikut tes cpns, padahal dia belum berstatus pns.

Baca Juga: Hendak Transaksi Sabu, Pria di Palembang Diciduk Polisi

“Saya harap regional VII, pejabat BKD mudah-mudahan tidak melakukan itu, dari gubernur sampai jajaran bawah . Kejadian ini  perlu disikapi oleh BKN,  Menpan RB dan perlu dibuat regulasi-regulasi untuk meminimalisir kecurangan dan juga proses penerimaan pns,” tutupnya. ***

Halaman:

Editor: Erwan B

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO

Kamis, 19 Mei 2022 | 18:11 WIB
X