• Kamis, 11 Agustus 2022

BMKG Memprediksi Cuaca Ekstrem akan Terjadi Maret Sampai April Mendatang

- Rabu, 23 Februari 2022 | 15:16 WIB
Hujan Es (Instagram@bali.terkini)
Hujan Es (Instagram@bali.terkini)

Sumsel24.com - Memasuki bulan Maret Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menghimbau kepada masyarakat terkait dengan adanya cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi pada bulan Maret hingga April mendatang.

Keterangan tertulis dari BMKG meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada akan terjadinya cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi hingga April 2022 mendatang.

Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG menjelaskan cuaca ekstrem nanti bisa terjadi seperti angin puting beliung, hujan es dan hujan lebat disertai petir.

Baca Juga: Ramalan Bintang Leo Hari Ini, Hindari Diet Berkalori Tinggi Untuk Menjaga Diri Anda Tetap Bugar

“Mengingat potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan es, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih dapat terjadi hingga Maret-April mendatang, maka BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem tersebut,” ujar Guswanto dalam keterangannya dikutip Sumsel24.com, pada Rabu, 23 Februari 2022.

BMKG juga mengingatkan akan dampak yang terjadi jika terjadi cuaca ekstrem seperti berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, genangan, tanah longsor, pohon tumbang, jalan licin, dan lain sebagainya.

Guswanto juga menungkapkan kejadian cuaca ekstrem seperti fenomena hujan es telah terjadi dalam sepekan terakhir di beberapa wilayah seperti Surabaya, Bekasi, Lampung dan wilayah lainnya.

Baca Juga: Menhub Budi Karya Sumadi : 39 Persen Angkutan Melanggar ODOL

“Kejadian tersebut disertai juga dengan hujan intensitas lebat dalam durasi singkat yang disertai kilat/petir dan angin kencang. Fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan  adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit,” ujar Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG.***

Editor: Agung Wahyudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Kinerja IOH di Kuartal Kedua 2022

Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:52 WIB

Akhirnya, Citayam Fashion Week Dibubarkan

Rabu, 27 Juli 2022 | 15:17 WIB
X