• Selasa, 17 Mei 2022

Polisi Israel Pukul Pelayat di Pemakaman Jurnalis Al Jazeera

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 09:00 WIB
Peti jenazah Shireen Abu Aqla hampir jatuh dalam bentrokan.  (Reuters)
Peti jenazah Shireen Abu Aqla hampir jatuh dalam bentrokan. (Reuters)

Sumsel24.com - Polisi Israel memukuli pelayat di pemakaman jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Aqla, yang kematiannya menyebabkan kemarahan di Tepi Barat.

Peti mati itu hampir jatuh ketika polisi dengan menggunakan tongkat, menyerang kerumunan yang berkumpul. Polisi Israel mengatakan mereka bertindak setelah dilempari batu oleh massa.

Polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah massa yang mengibarkan bendera Palestina. Mereka dituduh mengganggu ketertiban umum dengan melemparkan batu dan meneriakkan slogan-slogan nasionalisme.

Baca Juga: SMSI Kecam Keras Penembakan Wartawan Al Jazeera, Setelah Hari Kebebasan Pers se-Dunia

Shireen, yang bekerja untuk Al Jazeera, ditembak mati Rabu 11 Mei 2022 lalu saat meliput serangan Israel di kota Jenin. Pembunuhan itu mengundang kecaman luas, dengan Israel dan Palestina saling menyalahkan.

Otoritas Palestina dan Al Jazeera mengatakan Shireen ditembak mati oleh pasukan Israel, sementara Israel mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi apa yang terjadi dan bahwa jurnalis itu ditembak oleh warga Palestina.

Laporan Israel juga menyebutkan kemungkinan bahwa "beberapa peluru" ditembakkan oleh seorang tentara ke "teroris yang menembaki kendaraannya".

Baca Juga: Amerika Serikat Marah Shireen Abu Akleh Jurnalis Al Jazeera Diduga Dibunuh Pasukan Israel

Palestina menolak permintaan Israel untuk penyelidikan bersama, dengan mengatakan mereka tidak mempercayai Israel. Kedua belah pihak melakukan penyelidikan masing-masing.

Pemakaman diadakan ketika pasukan Israel melanjutkan serangan mereka di wilayah Jenin Tepi Barat yang diduduki, tempat jurnalis Palestina-Amerika ditembak minggu ini.

Halaman:

Editor: Dedi P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Temui Elon Musk Ini Yang Dibahas

Minggu, 15 Mei 2022 | 22:46 WIB
X