• Minggu, 26 Juni 2022

Apakah Haram Bagi Seorang Muslim untuk Mengidolakan K-Pop? Baca Hukum dan Penjelasannya

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:44 WIB
Ilustrasi K-Pop, Boy Grup Baru TNX (Instagram @official.tnx)
Ilustrasi K-Pop, Boy Grup Baru TNX (Instagram @official.tnx)

Sumsel24.com - Setiap orang pasti memiliki sosok idola dalam hidupnya, baik itu artis, cendekiawan, tokoh masyarakat, termasuk band K-Pop dan lain sebagainya.

Seseorang biasanya tidak mempertanyakan keyakinan yang dianut idolanya, lalu apa hukumnya seorang Muslim mengidolakan K-Pop?

Banyak dari mereka yang meniru gaya berpakaian dan perilaku seorang idola, meski ada batasan bagi seorang Muslim yang mengidolakan seorang K-Pop.

Baca Juga: Klopp Lakukan Eksperimen Rotasi Gila, Hasilnya Luar Biasa

Perlu dicatat bahwa menyukai K-pop boleh saja, tetapi tidak sah jika menonton drama Korea atau menyukai K-Pop secara berlebihan, apalagi jika lupa waktu sholat dan ibadah.

Jika itu terjadi, maka menyukai K-Pop dikategorikan haram, seseorang harus bisa mengendalikan diri dalam mengidolakan seorang K-pop.

Selain itu, seseorang tidak boleh mendengarkan musik K-Pop ketika terdengar adzan, seorang muslim harus mengetahui bahwa adzan adalah pangilan salat.

Baca Juga: KPK Terus Kejar Harun Masiku Buronan KPK

Pada dasarnya semua idola adalah orang biasa, kita tidak boleh mengagumi seorang idola secara berlebihan.

Seorang muslim tidak akan kesulitan jika ia dapat menempatkan idolanya, masalahnya adalah lebih mengidolakan orang lain daripada mengidolakan Nabi dan bertentangan dengan agama.

Rasulullah bersabda, "Seseorang bersama yang ia cintai dan engkau bersama orang yang kau cintai," (HR at-Tirmidzi No.2307).

Baca Juga: Erick Thohir akan Datang ke Banyuwangi Untuk Mengetahui Lokasi Asli KKN di Desa Penari

Dalam hal ini, mencintai Nabi tidak harus melalui kata-kata, tetapi perlu dibuktikan dengan sering berdoa dan akhlak yang baik seperti Nabi Muhammad.

Di sisi lain, ada juga sekte dalam Islam yang mengatakan bahwa mengidolakan K-Pop adalah haram karena banyak perilaku mereka yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Tapi bagi seseorang yang bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk dalam mengidolakan K-Pop, itu netral, asalkan bijak dalam menjalani masalah hidup lainnya.

Baca Juga: Milan Takkan Ulangi Kesalahan Inter Terpeleset di Pekan Terakhir Musim 2002

Dibolehkan bagi seorang muslim untuk meniru gaya berpakaian para idola K-Pop, selama mereka mengenakan pakaian yang panjang, baik atasan maupun bawahan.

Sedangkan budaya fashion seperti tindik bagi laki-laki tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam, karena perhiasan dimaksudkan untuk digunakan hanya untuk perempuan.

Sebagai seorang muslim tentunya harus memilih busana mana yang sesuai dengan syariat Islam, jika cocok bisa ditiru.***

Editor: Agung Wahyudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Artris Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:16 WIB

Kiano Tiger Wong Disunat Paula Yang Tegang

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:17 WIB

Iko Uwais Melaporkan Balik Pihak Rudi

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:17 WIB
X