• Senin, 27 Juni 2022

Empat Warga Dilaporkan Meninggal Dunia dalam Bencana Longsor di Cijeruk Bogor

- Minggu, 22 Mei 2022 | 22:09 WIB
Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi atas korban bencana alam tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor (DEDE SURYA)
Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi atas korban bencana alam tanah longsor yang terjadi di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor (DEDE SURYA)

Sumsel24.com - Sedikitnya empat warga ditemukan tewas akibat terkena longsor yang terjadi di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor merinci empat warga yang meninggal adalah D (40), U (70), E (30) dan N (4).

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, longsor terjadi saat kawasan tersebut diguyur hujan lebat.

Baca Juga: Bos Trading Ilegal Evotrade Ditangkap, Polisi Sita Mobil Mewah Hingga Miliaran Rupiah

Selain itu, kondisi struktur tanah yang labil, peristiwa itu terjadi pada pukul 18:10 WIB pada Sabtu 21 Mei 2022.

“Untuk kerugian materil akibat kejadian itu, dua rumah milik korban dan tetangganya rusak berat,” katanya.

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Selasa, 24 Mei 2022.

Baca Juga: Sejarah Tercipta, Tim Nasional Basket Indonesia Raih Medali Emas, Kalahkan 'Raksasa' Asia Tenggara

Menyikapi hal tersebut, BNPB menghimbau kepada seluruh komponen penentu kebijakan daerah dan masyarakat untuk mengantisipasi potensi bencana susulan yang dapat dipicu oleh faktor cuaca.

Upaya seperti pemantauan kondisi tanggul, tebing, jalan, sungai dan jembatan hingga pemantauan debit air saat hujan lebat disarankan untuk dilakukan secara berkala.

Selain itu, pengelolaan permukiman dan lingkungan diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik dan mengacu pada pengurangan risiko bencana.

Baca Juga: Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Langsung Tinjau Lokasi

Jika terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari satu jam, masyarakat yang tinggal di dekat tebing atau daerah rawan longsor harus melakukan evakuasi mandiri hingga 1-2 jam setelah hujan berhenti.***

Editor: Agung Wahyudi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjelasan Seputar Sholat Idul Adha 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 21:22 WIB

Artris Senior Rima Melati Meninggal Dunia

Kamis, 23 Juni 2022 | 22:16 WIB

Kiano Tiger Wong Disunat Paula Yang Tegang

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:17 WIB

Iko Uwais Melaporkan Balik Pihak Rudi

Selasa, 14 Juni 2022 | 13:17 WIB
X