• Minggu, 26 Juni 2022

Pelabuhan Penyebrangan Santolo Kalipucang Nasibmu Kini

- Senin, 21 Maret 2022 | 13:02 WIB
Pelabuhan penyebrangan Santolo dengan latar belakang jembatan kalipucang yang menghubungkan wilayah kabupaten Pangandaran dan Cilacap (Tuswanto)
Pelabuhan penyebrangan Santolo dengan latar belakang jembatan kalipucang yang menghubungkan wilayah kabupaten Pangandaran dan Cilacap (Tuswanto)

Sumsel24.com - Pelabuhan penyebrangan Santolo di pinggir sungai Citanduy berada di wilayah desa Kalipucang.

Sungai Citanduy adalah sungai yang menjadi batas wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, aliran sungainya melewati empat kabupaten yaitu Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran di Jawa Barat dan Cilacap di Jawa Tengah.

Pelabuhan penyebrangan ini merupakan satu dari dua pelabuhan penyebrangan di ujung sungai Citanduy selain Pelabuhan Penyebrangan Majingklak yang dikelola oleh PT. ASDP.

Baca Juga: Palatar Agung, Surganya Para Pemancing di Ujung Barat Nusakambangan

Dahulu dibawah tahun 2000 ada rute penyebrangan dari Pelabuhan Santolo Kalipucang menuju Pelabuhan Sleko Cilacap menggunakan kapal penyebrangan ukuran sedang dengan kapasitas penumpang sampai dengan 100 orang.

Semenjak tahun 2000 an sampai sekarang rute tersebut sudah tidak ada lagi. Alasannya karena aliran sungai yang dilalui rute tersebut di beberapa titik sudah mengalami pendangkalan dan kapal seringkali kandas.

Saat rute tersebut masih ada masyarakat yang memanfaatkan jasa penyebrangan kapal adalah mereka yang berasal dari wilayah Cilacap dan wilayah Kalipucang.

Baca Juga: Terkait Maju Menjadi Presiden, Diplomatis Anies Baswedan Jawab Keinginan Masyarakat NTB

Serta warga sekitar yang berada di sekitar rute tersebut, seperti warga desa Cikadim dan desa Pamotan. Serta para warga yang masuk kecamatan Kampung Laut, seperti Desa Klaces dan Mutean.

Halaman:

Editor: M Fathony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngabuburit di Alun Alun Paamprokan Pangandaran

Minggu, 10 April 2022 | 13:43 WIB
X