• Jumat, 20 Mei 2022

DPRD Sumsel Dorong CSR BUMN Untuk Fasilitasi Mobil Vaksin

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:25 WIB
IMG_20211021_193842
IMG_20211021_193842

Sumsel24.com Palembang - Komisi V DPRD Sumsel mendorong agar beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Sumsel untuk dapat membantu Pemprov. Sumsel dalam penyediaan mobil (kendaraan) vaksin. Ini dilakukan untuk mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat sehingga target herd immunity di akhir tahun dapat tercapai.

Dijelaskan Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, Mgs Syaiful Padli bahwa Provinsi Sumsel menargetkan hingga Desember 2021 ada sekitar 6,2 juta warga yang harus divaksin. Namun, target ini sepertinya sulit dicapai dikarenakan hingga hari ini baru sekitar 30 persen warga Sumsel yang divaksin atau sekitar 2 jutaan lebih warga di Sumsel baru divaksin.

“Artinya  untuk menuju ke akhir Desember harus ada langkah-langkah  yang ekstra salah satunya tadi  dengan jemput bola untuk memvaksin warga, jemput bola dengan tidak hanya mengandalkan puskesmas, orang-orang puskesmas  vaksinatornya terbatas jumlahnya,” kata Mgs Syaiful Padli, ketika ditemui di DPRD Sumsel, Kamis (21/10).

Politisi PKS ini menyarankan agar sentra vaksin sebanyak mungkin disebar di Sumsel salah satunya dengan mobil vaksin.

Hal ini diperparah dengan kurangnya kuota vaksin Sumsel namun dengan kunjungan Komisi V DPRD Sumsel ke Kementrian Kesehatan RI beberapa waktu lalu menurutnya kuota vaksin Sumsel bertambah dari  365 ribu perbulan perdosisi  sekarang sudah hampir 500 ribu perbulan/dosis yang ada di Sumsel.

“Tapi untuk menuju ke 12,7 juta dosis, kita baru sekitar 2,2 juta orang yang divaksin, artinya Sumsel harus menyuntik 3,3 juta orang perbulan, sedangkan kita baru 500 ribu,” katanya.

Selain itu , menurut Sekretaris  Fraksi PKS DPRD Sumsel ini, pihaknya meminta agar Operator Smile yang ada disetiap dinas kesehatan (Dinkes) ditiap daerah setiap hari harus mengupdate jumlah vaksinasi yang dilakukan di daerahnya masing-masing.

“Karena level Covid-10 indikatornya salah satunya jumlah berapa banyak orang yang di vaksin, Sumatera Selatan hari ini baru 34 persen di vaksin , untuk menuju level 1 dia harus warga divaksin sudah 70 persen, kalau di Palembang sudah lebih dari 50 persen dan masuk level II,” katanya.

Karena menurutnya , kalau sudah mendekati 70 persen lebih yang divaksin di kota Palembang  maka Palembang masuk level 1.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Prof Salim Said : Presiden Jokowi Bagian dari Oligarki

Minggu, 27 Februari 2022 | 09:25 WIB
X