• Selasa, 9 Agustus 2022

Perwakilan di PBB Diusir, Rusia Balas Usir Diplomat Amerika

- Kamis, 24 Maret 2022 | 09:52 WIB
Rusia usir diplomat Amerika Serikat (ilustrasi bendera Rusia)
Rusia usir diplomat Amerika Serikat (ilustrasi bendera Rusia)

Sumsel24.com - Rusia mengatakan pihaknya mengusir diplomat AS sebagai pembalasan atas langkah Washington yang mengusir 12 perwakilan Moskow di PBB yang berbasis di New York. Para diplomat AS dijadikan persona non grata.

"Pada 23 Maret, sebuah catatan dengan daftar diplomat Amerika yang menyatakan 'persona non grata' diserahkan kepada kepala misi diplomatik Amerika yang dipanggil ke Kementerian Luar Negeri," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan, Kamis 24 Maret 2022.

Keputusan itu diambil sebagai tanggapan atas pengusiran diplomat Rusia oleh Washington di PBB di New York. Rusia menganggap langkah itu sebagai tindakan permusuhan.

Baca Juga: Ukraina Siap Negosiasi Dengan Rusia Tapi Enggan Menyerah

"Pihak AS telah diberi pemberitahuan tegas bahwa setiap tindakan permusuhan oleh Amerika Serikat terhadap Rusia akan mendapat tanggapan yang tegas dan tepat," tambah pernyataan itu.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi telah menerima daftar itu dari Moskow.

"Ini adalah langkah terbaru Rusia yang tidak membantu dan tidak produktif dalam hubungan bilateral kami. Kami menyerukan kepada pemerintah Rusia untuk mengakhiri pengusiran diplomat dan staf AS yang tidak dapat dibenarkan," kata pejabat itu.

Baca Juga: Rusia Peringatkan AS Jika Berani Kirim Militer ke Ukraina: Target Sah untuk Diserang

"Sekarang lebih dari sebelumnya, sangat penting bahwa negara kita memiliki personel diplomatik yang diperlukan untuk memfasilitasi komunikasi antara pemerintah kita."

Halaman:

Editor: Dedi P

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X