• Minggu, 29 Januari 2023

Sistem Pemilhan E-Vote Presidium KAHMI, Bisa Untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Cepat dan Hemat Anggaran

- Minggu, 27 November 2022 | 11:53 WIB
Pemilihan Presidium MN KAHMI dalam Munas Ke XI menggunakan sistem e-voting, model ini bisa digunakan untuk Pemilu dan Pilkada 2024 (jamil)
Pemilihan Presidium MN KAHMI dalam Munas Ke XI menggunakan sistem e-voting, model ini bisa digunakan untuk Pemilu dan Pilkada 2024 (jamil)

Sumsel24.com - Proses pemilihan Presidium Majelis Nasional (MN) KAHMI periode 2022-2027 pada Munas XI KAHMI menggunakan sistem pemungutan suara elektronik (e-vote), di Sriti Convention Hall Palu, Minggu 27 November 2022.

Penggunaan e-vote ini baru pertama kali dilakukan dan Munas KAHMI, Sistem ini diyakini untuk mempermudah dan mempercepat proses pemilihan Presidium oleh peserta Munas.

Selain itu sistem e-vote juga menghindari hal hal yang mengarah ke kecurangan atau politik uang dalam pemilihan Presidium KAHMI.

Dimana dalam sistem e-vote peserta sebagai pemilih hanya menekan atau menyentuh simbol atau foto Calon Presidium pihan saja.

Sistim e-vote pemilihan Presidium KAHMI bisa menjadi model pemungutan suara di Indonesia, mulai pemilihan Kepala Desa, Kepala Daerah (Bupati, Walikota dan Gubernur) Bahkan untuk Pemiihan Umum (Pemilu) Pilpres dan Pileg.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries Minggu Ini Anda Akan Mengalami Minggu Luar Biasa Penuh Optimis

Sistem e-vote tak hanya memudahkan pemilih dalam memilih tapi bisa menghemat waktu dan menghemat anggaran negara melalui Komisi pemilihan Umum (KPU).

Bayangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelontorkan dana sebesar Rp 603,34 miliar untuk pembuatan surat suara dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sumber; nasionalkontan.co.id, 20 januari 2019.

Belum lagi anggaran untuk mencetak kertas suara pemilihan Legislatif dan Kepala Daerah hingga Kepala Desa yang semuanya dibebankan ke negara.

Halaman:

Editor: Muhamad F

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AHY Lantik Pengurus DPC Demokrat Serentak di Sumsel

Kamis, 19 Januari 2023 | 21:09 WIB
X